Trending
Rabu, 13 Desember 2023

5 Film Tema Musik Jazz yang Ciamik Abis

  • Share
  • fb-share
5 Film Tema Musik Jazz yang Ciamik Abis

Film tentang musik emang enggak ada matinya! Soalnya, kapan lagi lo bisa ngelihat jatuh bangun musisi favorit lo sampai bisa terkenal di skenanya sekarang? Apalagi, lo juga punya kesempatan buat sekalian nikmatin original soundtrack yang sedap banget di tengah alur filmnya! Buat lo pecinta musik jazz, gue punya rekomendasi film tentang genre musik favorit lo, nih. Kuy, scroll terus buat cari judul yang bakal nemenin lo leha-leha di rumah!

 

1. They Shot the Piano Player (2023)

For starters, kita bakal mulai dari rekomendasi film tentang musik jazz yang dibalut dengan ciamik sama genre misteri: They Shot the Piano Player.

Sesuai judulnya, film animasi dengan format documentary drama ini bakal ngulik kasus nyata kematian salah seorang musisi jazz ternama di Brazil, yaitu Francisco Tenorio Junior. Selama durasi film ini, kita bakal diajak nge-explore perjuangan investigasi seorang jurnalis musik asal Amerika Serikat buat nguak kebenaran kematian Francisco. 

Di sela-sela ceritanya, kita juga bakal disuguhin sama soundtrack buatan para musisi jazz beken asal Brazil yang kenal dekat sama mendiang Tenorio Junior. Bahkan, beberapa di antaranya juga ngasih testimoni langsung buat kasus misteri ini! Gue rasa, kalau lo suka muter otak sambil dimanjain musik kece, film ini bakal jadi pilihan terbaik buat lo!

 

2. Miles Davis: Birth of the Cool (2019)

Gimana semisal lo lebih mood ngulik biografi musisi jazz yang legendaris? No worries, I’ve got you covered! Justru, gue bisa kasih salah satu rekomendasi film yang udah jadi pilihan klasik banyak pecinta film sekaligus musik jazz, yaitu Miles Davis: Birth of the Cool

Selama durasi film ini, kita bakalan ngulik gimana Miles Davis bisa jadi terkenal sebagai salah satu musisi jazz dunia yang paling jago improvisasi dalam format dokumenter. So, lo bisa expect bakal ketemu banyak arsip rekaman lawas dan testimoni dari orang-orang terdekat mendiang Miles Davis.

3. Whiplash (2014)

Kalau rekomendasi film bertema musik jazz sebelumnya lebih nyentuh real-life biography, kali ini beda! Justru, gue bisa saranin film Whiplash keluaran tahun 2014 buat lo yang lebih suka nyimak cerita hubungan mentor dan murid di dunia musik

Film satu ini nyeritain perjuangan musisi jazz bernama Andrew Newman yang punya impian besar kayak kebanyakan artist favorit kita: ninggalin jejak di dunia musik dan ekspresiin dirinya. Tapi, doi enggak sendirian karena ada Terence Fletcher, guru jazz mahir yang nyuruh dia berkembang sebagai drummer di sebuah conservatory band… tapi dengan cara super sadis.

 

4. Swing Girls (2004)

Mau rekomendasi film jazz yang komedik? Coba nonton Swing Girls deh, Bro! Film dari Jepang ini nyeritain sekelompok cewek SMA pemalas yang lagi cari cara buat bolos kelas tambahan di sekolah pas murid-murid lain sibuk nikmatin liburan musim panas. Nah, terus apa kaitannya sama musik jazz? Gini, ujung-ujungnya mereka gak sengaja bikin seisi klub musik di sekolah mereka biar gak bisa tampil di acara penting.

Gara-gara itu, mereka terpaksa direkrut ngegantiin para performer yang berhalangan… padahal mereka cuma sama sekali gak punya pengalaman bermusik. Tapi, kerennya, meski dianggap remeh dan sama sekali gak kompeten, mereka sama sekali gak menyerah biar bisa ikutan kompetisi musik jazz bergengsi! So, apa mereka bakal berhasil? Pantengin aja sendiri sampai habis, and enjoy the shenanigans!

 

5. Keep On Keepin’ On (2014)

Kalau lo lagi nyari film jazz yang vibe-nya sebangsa sama Whiplash, tapi lebih wholesome, gue bisa saranin lo nonton Keep On Keepin’ On! Sama kayak beberapa film rekomendasi yang udah gue kasih sebelumnya, film ini fokus ke jatuh bangun Clark Terry, musisi jazz legendaris asal Amerika dalam format dokumenter biografi. Selain kisah from zero to hero dari Clark Terry, angle film ini juga fokus ke hubungan beliau sama muridnya, Justin Kauflin! 

Meski enggak bisa ngelihat, skill piano Justin boleh diadu. Masalahnya, at the same time, doi punya stage fright stadium akut. Tapi, Clark Terry pantang mundur ngembangin bakat muridnya biar bisa tampil di ajang musik bergengsi. Dijamin, lo bakal tersentuh banget ngelihat kedekatan lintas generasi mereka berdua, apalagi ditambah soundtrack jazz-nya yang bikin perasaan makin campur aduk!


Dari kelima film tentang musik jazz yang udah disebutin, kira-kira lo paling tertarik sama yang mana? Karena pilihannya beragam banget, lo bisa langsung pilih sesuai selera–mulai dari yang lebih lighthearted sampai serius, dan bahkan yang ngangkat cerita nyata atau fiksi. Either way, liburan akhir tahun di rumah aja enggak bakal boring, deh. Oh iya, sama satu protip terakhir: pastiin lo nonton filmnya di platform yang legal, Bro!

Comments
Putra Pratama
Miles Davis: Birth of the Cool (2019)
Fadya Aulia
keren semua