Trending
Jumat, 22 Januari 2021

5 Kolaborasi Sneakers Lokal Yang Menarik Perhatian

  • Share
  • fb-share
5 Kolaborasi Sneakers Lokal Yang Menarik Perhatian

Sepatu sepertinya udah bukan lagi cuma jadi pendukung dalam berpakaian, tapi juga jadi elemen penting yang harus terlihat on point biar outfit lo terlihat semakin kece. Salah satu sepatu yang diminati semua orang adalah sneakers.

Siapa yang nggak suka pake sneakers? Apalagi sekarang udah banyak sneakers lokal yang nggak kalah keren dengan sneakers produksi luar negeri. Kehadiran sneakers lokal selama 5 tahun ke belakang ini banyak mencuri perhatian para hypebeast yang biasa berbelanja sneakers buatan luar negeri. Dengan semangat local pride, kehadiran sneakers lokal ini pastinya disambut baik.

Menariknya, sneakers lokal juga sudah mulai berani mengepakkan sayapnya untuk memproduksi sepatu kolaborasi dengan menggandeng seniman lokal, brand lokal lainnya, bahkan sampai ke mancanegara, bro!

Sejauh ini, MLDSPOT sudah merangkum 5 kolaborasi sneakers lokal yang menarik perhatian dan pastinya nggak kalah keren dengan sneakers yang ada di luar negeri. Penasaran ada brand apa aja? Simak selengkapnya dibawah ini ya, bro!

Patrobas ‘Maha Nagari’ x Debby Dbay

Intip Kolaborasi Sneakers Lokal Yang Bisa Lo Coba!

Credit image - IDNTimes

Pada bulan November 2020 lalu, brand lokal yang sudah banyak peminatnya – yaitu Patrobas, mengeluarkan koleksi dari kolaborasinya bersama seniman ternama Indonesia, Debby Vania.

Koleksi yang diberi nama Maha Nagari ini punya keunikan tersendiri. Selain memang bermotif batik, banyak filosofi Indonesia di sepatu ini. Dari nama Maha Nagari yang berarti Negeri yang besar dari Bahasa Sansekerta, kolaborasi yang satu ini mengajak anak-anak bangsa lebih mengenal budaya sendiri.

Selain motif batiknya, sepatu ini juga memiliki keunikan dari warnanya. Bila berada dibawah suhu 30 derajat celcius, sepatu ini akan berwarna coklat tua. Tapi kalau di atas 30 derajat celcius. Sepatu ini akan berwarna merah. Hal ini dikatakan oleh Debby sebagai cerminan bangsa indonesia yang beragam. Keren banget ya, bro?

Ventela ‘Sang Sekerta Lohita’ x Nevertoolash x Yang Ayam

Intip Kolaborasi Sneakers Lokal Yang Bisa Lo Coba!

Credit image - Kompas

Kolaborasi yang satu ini jadi salah satu kolaborasi yang sempat panas di 2020 kemarin nih, bro. Kolaborasi yang dibuat dalam menyambut hari batik nasional ini memiliki desain yang cukup unik – gimana nggak, kolaborasinya aja sama restoran ayam!

Mungkin nggak pernah terbayang sama lo, sebuah restoran ayam akan berkolaborasi untuk membuat sepatu. Tapi dengan bantuan desain custom dari Nevertoolavish dengan sentuhan motif batik berwarna dasar merah dan berbahan kanvas dan suede, sepatu yang hadir dengan seri Hi & Low ini berhasil menarik banyak perhatian para pecinta sneakers lokal!

Brodo x Popomangun: We Struggle to Survive #BangkitBersama

Intip Kolaborasi Sneakers Lokal Yang Bisa Lo Coba!

Credit image – Wopita

Salah satu brand lokal yang namanya juga sudah dikenal di tanah air yaitu Brodo, pada bulan November lalu mengeluarkan koleksi dari kolaborasi terbarunya dengan menggandeng seniman Popomangun.

Kolaborasi dengan tema We Struggle to Survive ini mengajak para penggunanya untuk sama-sama bangkit di era new normal ini. Selain hadir dengan dua varian – yaitu colorful dan abu-abu, ada hal menarik dari kolaborasi ini: disetiap sole belakang, lo akan menemukan tulisan survive di kanan dan struggle di kiri.

Pesan yang mengajak lo untuk bangkit ini rasanya kuat banget ya, bro!

Raingel ‘The Forty Five Nusantara’ x Sneakcares

Intip Kolaborasi Sneakers Lokal Yang Bisa Lo Coba!

Credit image – Bywanda ID

Dari nama kolaborasinya kayaknya udah Indonesia banget nih, sudah jelas sepatu yang satu ini memang hadir dengan desain dan motif khas Indonesia banget.

Dari bentuk fisik luarnya bertuliskan Indonesia dan ditambah dengan motif abstrak ini – mencoba menggambarkan kondisi Indonesia selama menghadapi era new normal. Meskipun asbtrak, sentuhan warna dalam desain sepatu ini menggambarkan perbedaan yang ada di Indonesia.

Selain itu, jika diperhatikan secara detail, di dalam sepatu ini juga terdapat 5 tokoh wayang yang menyimbolkan Pancasila. Wah, sneakers kolaborasi yang satu ini memang punya nilai-nilai Indonesia yang sangat kuat ya.

#FXXKINGCOMPASS: Compass x FXXKING Rabbits

Intip Kolaborasi Sneakers Lokal Yang Bisa Lo Coba!

Credit image - Kompas

Yang tak lain dan tak bukan – kolaborasi sepatu lokal dan brand ternama Jepang yang bikin heboh satu Ibukota, yup – kolaborasi Compass x FXXKING Rabbits. Muncul dengan teaser ‘iklan tidak lulus sensor’ dengan kelinci putih disampingnya, kolaborasi yang satu ini berhasil menarik perhatian massa.

Kolaborasi dengan nama #FXXKINGCOMPASS ini merupakan kolaborasi kedua antara Compass dan FXXKING Rabbits. Inspirasi dari kolaborasi kedua ini dari budaya red thread of fate atau takdir benang merah di Tiongkok. Di Indonesia sendiri budaya ini masih melekat di budaya Sangjit.

Eksekusi dari inspirasi ini disematkan ke dalam bordiran sepatu dengan membuat bordiran kelinci di masing-masing lidah sepatu. Nantinya, kedua bordiran akan terhubung oleh benang merah. Sepatu yang dijual di Jepang dan Indonesia ini berhasil ludes dalam waktu yang singkat.

Itu dia kolaborasi kece yang pernah dilakukan brand sneakers lokal. Nggak kalah kece kan, bro? Apakah lo berminat untuk memiliki 1 di antara 5 sepatu di atas?

 

Feature image - IDNTimes

Comments
Sukamto
Keren guys
Riza Astuti
Salah satu brand lokal