Trendings
Selasa, 15 November 2016

5 Komunitas Online Seru Indonesia

  • Share

Indonesia merupakan pangsa pasar internet yang luar biasa besar. Hal ini berbanding lurus dengan jumlah internet yang semakin meningkat kian hari. Tak heran, banyak bermunculan komunitas online yang mewadahi setiap orang dengan ide sama untuk bertukar pikiran dan informasi. Komunitas online seru apa saja yang jadi primadona di Indonesia?

 

Kaskus

Nggak bisa dipungkiri lagi, Kaskus merupakan forum komunitas dunia maya nomor satu di Indonesia. Kaskus didirikan oleh tiga pemuda Indonesia yang sedang kuliah di Seattle, Amerika Serikat, antara lain: Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Darmawan; pada tanggal 6 November 1999. Hingga saat ini, sudah ada enam juta pengguna yang terdaftar di forum ini. Di Kaskus, para Kaskuser, julukan anggota mereka, membicarakan banyak hal mulai dari hobi sampai hal-hal yang berbau mistis.

 

Detik Forum

Komunitas online berikutnya yang bisa dibilang cukup kuat hingga sekarang adalah Detik Forum. Forum ini merupakan pecahan dari detik.com, sebuah situs portal berita terkenal di Indonesia. Di forum ini banyak diperbincangkan mengenai berbagai hal, kebanyakan tentang berita-berita saat ini yang sedang booming di media massa. Hingga saat ini, sudah ada 1,2 juta anggota yang tercatat dalam forum ini.

 

Fiksimini

Bila dua komunitas sebelumnya jaya di situs, Fiksimini justru jaya di sosmed, khususnya Twitter. Nggak ada ketentuan khusus untuk menjadi anggota Fiksimini, yang jelas harus bisa membuat cerita kreatif dalam 140 karakter dan mencantumkan hashtag #fiksimini di akhir kalimat. Bagi yang punya cerita menarik, moderator akan me-retweet tulisan tersebut. Hingga saat ini, sudah ada 237 ribu followers yang mengikuti timeline @fiksimini.

 

Tangan di Atas

Komunitas yang satu ini cenderung bergerak di dunia sosial, Urbaners. Komunitas Tangan di Atas berkomitmen untuk membentuk pengusaha-pengusaha tangguh yang sukses dengan kontribusi positif bagi kehidupan sekitar. Dibentuk pada bulan Januari 2006, hingga tahun 2014 lalu sudah ada 15.000 anggota yang tergabung dengan 5.000 di antaranya merupakan member terdaftar. Komunitas ini bahkan punya beberapa cabang di lima negara: Malaysia, Singapura, Hongkong, Mesir, dan Australia.

 

Fotografer.net

Bila dilihat dari namanya, sudah jelas bahwa komunitas ini bergerak di bidang fotografi. Setiap anggota komunitas boleh bertukar pengalaman fotografi, mulai dari teknik hingga alat yang digunakan. Menariknya, ada juga beberapa thread yang membahas masalah-masalah pada peralatan fotografinya.

 

Sudah jadi member yang mana nih, Urbaners? Mumpung masih ada waktu nih, kenapa nggak gabung dan memberikan dampak yang baik bagi negara? Apakah lo juga sudah punya komunitas sendiri? Share pengalaman lo bersama komunitas lo di MLD Content Hunt 2016. Informasi lengkapnya bisa lo lihat di sini.

Comments

Informasi yang menarik
Kaskus aja deh.