Trending
Selasa, 02 Juli 2024

7 Jenis Musik Jazz yang Wajib Lo Tau!

  • Share
  • fb-share
7 Jenis Musik Jazz yang Wajib Lo Tau!

Jazz Band, photo by Shutterstock

Musik jazz bisa dibilang musik yang punya tempat spesial di hati banyak orang. Setuju, gak sih? Bukan cuma soal musiknya yang kompleks dan enak didenger, tapi juga sejarah dan perkembangannya yang kaya. 

Kalau Lo penggemar jazz atau baru mau nyemplung ke dunia musik jazz, ada beberapa jenis musik jazz yang wajib Lo tau. Mulai dari Groove sampe Bebop, tiap subgenre punya keunikan dan pesonanya sendiri. Join in, kita bedah satu-satu.

  1. Groove

Laufey Jazz, photo by The Jakarta Post

Pertama, groove! Jenis musik jazz ini ibaratnya nyawa dari musik jazz yang bikin kepala Lo angguk-angguk nggak sadar. Groove-nya itu berakar dari funk dan soul, dengan beat yang catchy dan ritme yang bikin Lo pengen joget. Apalagi sub-genre ini sering banget diputer di club atau bar karena vibe-nya yang chill dan bisa bikin suasana jadi asyik. Musisi kayak Medeski, Martin & Wood dan John Scofield adalah contoh nama besar dalam subgenre ini. Kenal nggak? Nggak? Sama berarti. Karena Gue juga tau doang bukan kenal. He. 

Jadi, intinya Lo suka musik yang bikin Lo stay in the moment, Groove jazz is definitely for you.

  1. Fusion Jazz

Saxophone Player, photo by Shutterstock

Fusion Jazz adalah hasil kawin silang antara jazz dan genre-genre musik lain, kayak rock, funk, atau bahkan electronic. Subgenre ini muncul sekitar tahun 1970-an dan langsung jadi hit. Musisi jazz itu suka banget improvisasi, dan mereka mulai bereksperimen dengan instrumen elektrik dan ritme rock yang lebih keras. Nama besar kayak Miles Davis dan Herbie Hancock adalah pioneer dalam Fusion Jazz ini. Lewat subgenre yang satu ini, Lo bakal nemuin banyak improvisasi dengan sound yang fresh dan totally unexpected.

  1. Soul Jazz

Pixar Music, photo by Disney News

Kalau Lo cari jazz yang soulful dan ~menggetarkan hati~, Soul Jazz jawabannya. Subgenre ini berkembang dari hard bop dan dipengaruhin banget sama rhythm and blues, gospel, dan soul. Soul Jazz lebih fokus sama melodi yang emosional dan groove yang deep. Nama besar kayak Jimmy Smith dan Cannonball Adderley adalah ikon dalam subgenre ini. Soul Jazz biasanya lebih slow dan melodik, cocok buat Lo yang pengen chill sambil nikmatin malam.

  1. Vocalese

Vocal Jazz, photo by TBedford Independent

Vocalese adalah seni mengubah instrumental jazz jadi lagu dengan lirik. Beda sama scat singing yang cuma improvisasi suara tanpa kata, Vocalese punya lirik yang terstruktur dan biasanya bercerita tentang sesuatu. Eddie Jefferson dan Lambert, Hendricks & Ross adalah beberapa nama yang terkenal sepuh dari subgenre ini. Kalau Lo suka lirik yang puitis dan cara nyanyi yang playful, Vocalese pasti bakal jadi favorit Lo.

  1. Bossanova

Bossanova, photo by Soul Brasil Magazine

Next, Bossanova. Ia adalah perpaduan antara jazz dan samba yang berasal dari Brazil. Sound-nya lembut, romantis, dan sering kali bikin Lo ngerasa kayak lagi di pantai Rio de Janeiro. Jalan-jalan gratis lewat dengerin lagu doang, Bro. Nah, Bossanova ini terkenal sama ritme yang santai dan melodi yang melankolis. Antonio Carlos Jobim dan Joao Gilberto adalah ikon dari Bossanova. Lagu-lagu kayak "The Girl from Ipanema" pasti udah nggak asing lagi di kuping, cocok banget buat Lo yang suka musik dengan vibes tropis dan chill.

  1. Swing

Jazz Trumpeter, photo by Sala Apolo

Swing adalah jenis musik jazz yang muncul di 1920-an dan 1930-an, dan langsung jadi fenomena. Walaupun lahir di tahun segitu, tapi musiknya nggak kedengeran tua. Musik swing ditandai sama ritme yang upbeat, brass section yang dominan, dan groove yang bikin Lo pengen berdansa. Benny Goodman dan Duke Ellington adalah dua nama besar dalam dunia swing. Swing sering kali diiringi dengan tarian kayak Lindy Hop atau Jive. Musik ini penuh energi dan keceriaan, perfect sih buat Lo yang pengen musik dengan vibe positif. Auto chill sambil goyang-goyang kecil.

  1. Bebop

Saxophone, photo by Shutterstock

Last but not least, this is Bebop. Bebop adalah jenis musik jazz yang muncul di 1940-an sebagai reaksi dari swing. Musik Bebop in punya ciri khas lebih cepat, lebih kompleks, dan penuh improvisasi. Subgenre ini menuntut skill tinggi dari para musisinya karena sering kali melodinya berubah-ubah dengan cepat. Kebayang nggak, gimana kerennya musisi Bebop? Nah, Charlie Parker dan Dizzy Gillespie adalah dua ikon Bebop yang ngebawa genre ini ke puncak popularitasnya. Bebop adalah jazz yang serius, penuh dengan eksperimen, dan sangat intelektual. Cocok buat Lo yang suka tantangan dan eksplorasi hal baru pas dengerin musik.

Jazz ini emang genre musik yang nggak ada habisnya untuk dieksplorasi. Dari Groove yang bikin Lo chill, Fusion Jazz yang eksperimental, sampe Bebop yang kompleks, setiap jenis musik jazz nawarin pengalaman mendengarkan yang berbeda. Jadi, Bro, jangan ragu buat eksplorasi dan nemuin jenis musik jazz yang paling cocok. Selamat menikmati perjalanan musik jazz Lo!

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MLDSPOT (OFFICIAL) (@mldspot)

Comments
Kahyang Nalia Alika
Musik kesukaan. Akuu
Agus samanto
Fusion Jazz yang asyik