Trending
Rabu, 12 Juni 2024

5 Ciri-Ciri Musik Jazz yang Wajib Lo Tau!

  • Share
  • fb-share
5 Ciri-Ciri Musik Jazz yang Wajib Lo Tau!

Musisi Jazz, photo by Shutterstock

Gue yakin Lo udah nggak asing lagi sama musik jazz. Musik yang punya pesona tersendiri dan bikin pendengarnya larut dalam alunan nada yang kaya akan improvisasi ini emang selalu menarik untuk dibahas. Yuk, kita bedah bareng-bareng apa aja sih ciri-ciri musik jazz yang bikin beda dari genre musik lainnya. Next!

Asalnya musik jazz ini tuh dari mana?

Sekilas info, musik jazz pertama kali muncul di awal abad ke-20 di New Orleans, Amerika Serikat. Awalnya, jazz ini berkembang dari kombinasi berbagai genre musik kayak blues, ragtime, dan musik klasik. New Orleans, dengan keragaman budayanya, jadi tempat yang subur buat kawinnya berbagai genre musik ini, sampe akhirnya lahir-lah si jazz. Musik ini nyebar ke kota-kota besar lainnya kayak Chicago dan New York, di mana ia terus berkembang dan berevolusi. 

Musik jazz tuh yang kayak gimana, sih?

Nah, sekarang Gue bakal bahas ciri-ciri yang bikin musik jazz beda dari yang lain:

  1. Improvisasi: Salah satu ciri utama dari musik jazz adalah improvisasi. Kalau Lo perhatiin, musisi jazz itu seringkali mainin musik secara spontan (uhuy), bikin melodi-melodi baru di luar komposisi aslinya. Nah ciri-ciri ini yang bikin setiap penampilan jazz unik dan nggak pernah sama.
  2. Syncopation: Selanjutnya, jazz itu banyak pake teknik syncopation, yaitu aksen yang diberikan pada beat yang biasanya nggak ditekankan dalam musik lain. Hal ini ngasih ritme yang khas dan sering kali bikin kita jadi ikutan goyang.
  3. Swing Feel: Swing adalah elemen penting dalam jazz yang memberikan sensasi “mengayun” pada musik. Sensasi “ngayun” ini bisa dicapai dengan mengatur timing antara note-note tertentu untuk menciptakan rasa gerakan.
  4. Blue Notes: Blue notes adalah note yang dimainkan dengan nada yang sedikit lebih rendah dari skala standar, ngasih efek melodi yang mendalam dan penuh emosi. Feeling jazz itu biasanya bisa Lo dapet dari note-note yang kayak gini.
  5. Kompleksitas Harmoni: Ciri lainnya, jazz dikenal dengan harmoni yang kompleks dan penggunaan chord yang beragam. Ini bikin musik jazz kaya dan menarik untuk didengarkan. Selain itu, harmoni-harmoni ini yang bikin Lo bisa ngulik-ngulik musik jazz jadi lebih dari sebelumnya.

Bedanya apa dari musik lain?

Selain ciri-ciri di atas, ada beberapa hal lain yang ngebedain jazz dari genre musik lainnya, salah satunya adalah kebebasan dalam ekspresi. Musisi jazz selalu punya kebebasan untuk mengekspresikan diri mereka, yang bisa Lo liat dari hasil-hasil improvisasi yang nggak terlalu ketat sama aturan. Tiba-tiba mau swing ke sana-sini, aman aja. Asal musisinya paham betul soal jazz itu, hasilnya pasti bakal selalu enak buat didengerin. Selain itu, jazz juga sering kali pake struktur lagu yang lebih fleksibel dibandingkan genre lain.

Oke… ada rekomendasi musisi jazz terkenal gak?

MLD Jazz Project, photo by MLD Spot

Ngomong soal jazz nggak lengkap tanpa nyebutin beberapa nama besar yang udah melegenda. Beberapa musisi jazz yang udah famous dan jadi ikon di dunia musik antara lain:

  • Louis Armstrong: Pemain terompet dan penyanyi legendaris yang dikenal dengan suara seraknya yang khas.
  • Miles Davis: Pioneer dalam berbagai sub-genre jazz, dari bebop sampe jazz fusion.
  • John Coltrane: Saxophonist yang terkenal dengan permainan teknis dan improvisasinya yang kompleks.
  • Ella Fitzgerald: Penyanyi jazz bersuara soprano yang jernih dan teknik scat singing yang gokil banget.

Selain dari musisi internasional, musik jazz di Indonesia juga terus berkembang dengan banyaknya kolaborasi antara musisi lokal. Contohnya MLDJazzProject, serta beberapa nama kayak Nadhif Basalamah, Ardhito Pramono, dan Fanny Soegi sering tampil bareng dalam berbagai acara jazz. Kolaborasi ini sekaligus nunjukkin bahwa jazz di Indonesia nggak cuma berkembang, tapi juga terus nyari bentuk baru yang segar dan inovatif.

Kalau Lo punya rekomendasi musisi jazz favorit lainnya, feel free komentar di bawah loh, biar kita semua bisa dengerin bareng-bareng.

Eh terus, kalau mau experience dateng ke acara jazz?

Nggak cuma didengerin secara personal, musik jazz juga punya tempat spesial di hati pecinta musik di Indonesia buat didengerin rame-rame. Beberapa acara jazz besar secara rutin digelar buat memuaskan hasrat para penikmat jazz ini, jadi wadah kumpul para penggemar buat dengerin musik jazz bareng-bareng. Acara-acara jazz Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu antara lain:

  • Java Jazz Festival: Salah satu festival jazz terbesar di dunia yang digelar tiap tahun di Jakarta. Festival ini selalu datengin musisi jazz lokal dan internasional dan jadi ajang kumpul pecinta jazz.
  • Ubud Village Jazz Festival: Acara jazz yang ini digelar di Bali dan nawarin suasana jazz yang lebih intim dengan latar belakang keindahan Ubud. Kalau pas tanggalnya, nggak boleh banget dilewatin sih.
  • Jazz Gunung: Festival jazz lainnya yang nggak kalah keren dan sering nampilin kolaborasi musisi lokal dan internasional. Terlebih lagi acara jazz-nya, bertempat di kawasan gunung-gunung di Indonesia! Mulai dari Bromo, Burangrang, Ijen, dan lainnya.

Kesimpulannya, jazz adalah musik yang penuh dengan kreativitas dan kebebasan berekspresi. Kompleksitas harmoni yang ada di musik jazz bikin dia jadi genre musik yang unik dan nggak pernah ngebosenin. Dengan sejarah yang panjang dan kaya, jazz terus berkembang dan nemuin tempatnya di hati pecinta musik di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

So, buat Lo yang belum pernah nonton live performance jazz, coba deh dateng ke acara-acara jazz yang ada di Indonesia, buat iseng-iseng denger dan tuker pikiran sama para penikmatnya. Siapa tahu, Lo bisa jatuh cinta  sama genre musik yang satu ini!

Comments
Calvin Derrizki
Selera gue banget sih inii
Mada Adib Merta Prawiro
luar bias luar biasa luar biasa luar biasa luar biasa luar biasaaaaaaaaaaaaaaaaa