Trending
Selasa, 15 Juni 2021

Air Jordan 1 Resmi jadi Trademark, Good Bye Sepatu Bootleg!

  • Share

Siapa sih di antara kita yang nggak suka dengan sepatu keluaran Nike seri Air Jordan? Sejak peluncurannya – baik para penggemar basket atau nggak, sepatu ini udah berhasil menyihir para penggemar sepatu.

Beberapa tahun ke belakang, banyak brand sepatu lain yang meluncurkan bootleg dari seri sepatu yang satu ini. Nggak kalah dengan seri aslinya – para sepatu bootleg-nya juga berhasil membuat para penggemar sepatu tergila-gila dengan jenis yang satu ini.

Tapi harus disayangkan – karena beberapa waktu lalu Nike baru aja meresmikan bahwa Air Jordan 1 udah berhasil di trademark oleh Nike sebagai merek dagangnya!

Karena hal ini, alhasil Nike akan menggugat siapapun yang mencoba meniru model sepatunya yang satu ini – secara gak langsung, sepatu bootleg juga nggak akan hadir lagi. Gimana ceritanya Nike bisa bikin trademark ini ya, bro?

Simak ulasan selengkapnya di bawah!

Air Jordan 1 Officially Milik Nike

Air Jordan 1

Credit image – Man of Many

 

Sebelum kabar ini mulai muncul di media, kabar ini dikabarkan pertama kali oleh Sneaker Law Firm. Mereka meyakini bahwa hal ini bakalan jadi hukum pertama yang berfokus pada sneakers dan streetwear.

Pendaftaran merek dagang ini dilakukan oleh Nike karena ia merasa produk legendarisnya ini semakin banyak yang meniru. Secara nggak langsung, Nike emang punya kuasa atas produk ini. Tapi karena belum ada legalitasnya, hal tersebut masih belum bisa dipatenkan.

Setelah diresmikan bahwa Air Jordan 1 memiliki trademark dari Nike dan mereka pun punya kuasa untuk mengambil langkah hukum untuk siluet sepatu yang mirip tanpa ada perubahan signifikan pada komposisi struktur – hal ini merujuk para sepatu tiruan alias bootleg yang menjamur.

Good Bye, Bootleg Air Jordan 1!

Siluet Air Jordan 1 udah nggak asing lagi untuk jadi sasaran produk bootleg sejak lama. Namun, hal tersebut nampaknya akan segera berubah – karena setelah mendapatkan trademark secara resmi, Nike bisa menggugat siapapun yang meniru produk legendarisnya yang satu ini.

Siluet yang udah resmi menjadi merek dagang Nike ini secara nggak langsung udah jadi produk atau seri yang dilindungi oleh Nike dan hanya dimiliki oleh Nike. Meskipun udah banyak bootleg di pasaran – namun setelah legalitas ini keluar, siluet dari Air Jordan 1 baik seri Low dan Low SE udah nggak boleh lagi ditiru.

So, good bye sepatu bootleg dengan siluet Air Jordan 1!

Bukan Pertama Kali Nike Menggugat

Air Jordan 1

Credit image – USS Feed

Sebelum menjadi produk yang banyak dijadikan tiruan untuk bootleg, Air Jordan 1 emang udah nggak diragukan lagi popularitasnya. Melihat peluang ini, para pelaku bootleg memanfaatkan hal ini.

Ternyata, peluang untuk menjadikan siluet dari sepatu Nike menjadi bootleg nggak cuma seri Air Jordan 1, sebelumnya – atau tepatnya 2020 lalu, Nike baru aja mengambil langkah hukum terhadap Warren Lotas atas sepatu Reaper-nya yang mirip secara detil dengan siliet SB Dunk mirip Nike.

Selain itu, Nike juga pernah mengambil langkah hukum terhadap Ari Saal Forman – yaitu seniman yang menciptakan Mentol 10s. Sepatu tersebut juga mengatakan bahwa terinspirasi dari Air Force 1. Dari hal ini terlihat – kalo Nike emang nggak pernah main-main sama produk yang diluncurkannya!

Jadi langkah baik, Air Jordan 1 secara langsung nggak akan jadi sepatu yang makin legend karena hanya akan dikeluarkan oleh Nike. Asik banget kan, bro?

Apakah lo juga penggemar seri sepatu yang satu ini? Kalo iya, lo udah punya yang seri mana nih?

 

Feature image – Daily Pehredar

Comments

pengen punya
hanya bisa lihat