Trending
Rabu, 30 Maret 2016

Apa Yang Spesial Dari Nachos?

  • Share
  • fb-share
Apa Yang Spesial Dari Nachos?

Siapa yang nggak kenal nachos? Makanan favorit masyarakat Amerika Serikat ini paling enak dimakan ramai-ramai dengan saus keju bercampur dengan jalapenos yang pedas. Bikin nagih banget deh. Ngomongin soal nachos nih, berikut ini adalah beberapa fakta unik yang nggak banyak orang tahu tentang nachos. Langsung aja deh lo simak faktanya berikut dan alasannya kenapa Nachos begitu terkenal banget di Amerika Serikat.

 

Diciptakan dari bahan sederhana

Nachos merupakan makanan asal kota Piedras Negras, Mexico, yang berbatasan langsung dengan Eagle Pass, Texas. Awal mulanya, pada tahun 1943, istri-istri tentara Fort Duncan lagi jalan-kalan ke Piedras Negras. Mereka kemudian berhenti di sebuah restoran yang udah mau tutup. Yang punya hotel, Ignacio “Nacho” Anaya, lalu membuat jajanan baru untuk rombongan istri tentara tersebut yang diciptakan dengan sisa bahan yang tersedia di dapur: tortilla dan keju.

 

Lost in translation

Ketika rombongan bertanya pada Anaya apa nama makanan itu, dia sontak menjawab “Nacho’s especiales” yang berarti spesial dari Nachos. Karena salah men-translate, banyak orang yang kemudian menamakan makanan itu sebagai special nachos yang kemudian dikenal sebagai nachos.

 

Dua jenis nachos

Ada dua jenis nachos yang bisa lo cobain, tradisional dan modern. Nachos tradisional merupakan nachos dengan bahan asli, tortilla goreng dengan saus keju dan taburan jalapenos. Sedangkan nachos yang modern biasanya ditambah dengan guacamole, salsa, krim asam, dan selada. Tambahan-tambahan seperti beef giling atau ayam juga merupakan bagian dari nachos modern.

 

Nachos (bisa) sehat

Banyak orang yang males banget makan nachos karena harus berhadapan dengan makanan berminyak yang penuh dengan kalori serta lemak jahat. Padahal, nachos juga bisa dibuat secara sehat. Tortilla yang dipanggang kering lebih baik ketimbang tortilla goreng. Kurangi jumlah keju. Tambahkan ayam giling. Kasih sayuran yang banyak. Jangan lupa, jalapenos.

Makin ngiler pengen makan nachos? Buruan deh pergi ke gerai nachos yang ada di dekat lokasi lo. Jangan lupa ajak juga temen-temen lo, biar suasana makan nachos lo makin rame. Makin seru lagi kalau lo siapin saus tauco buat disiramkan di atas nachos. Makin terasa Indonesia kan ?

 

 

Source: Huffingtonpost.com, mentalfloss.com, Wikipedia.org

Comments
SAMSUL BAHRI
Dua jenis nachos
DENNY ADHY NUGROHO
Diciptakan dari bahan sederhana