Trending
Selasa, 26 Juni 2018

Apakah Lo Perlu Membuat Konten di IGTV Sekarang

  • Share

Lima hari setelah IGTV diluncurkan, para konten kreator mulai mencoba fitur-fitur di IGTV. IGTV adalah produk baru dari Instagram yang mengizinkan para penggunanya mengunggah video lebih dari 1 menit hingga 1 jam. Walaupun banyak yang mengatakan Instagram sudah menabuh genderang perang terhadap YouTube, ternyata masih ada pengguna Instagram yang bingung apa sebenarnya manfaat dari IGTV.

Dalam artikel kali ini, akan dibahas apa sebenarnya manfaat membuat konten di IGTV. Dengan begitu, lo akan tahu apakah lo perlu membuat konten IGTV atau memilih untuk wait and see?

 

IGTV menjadi fitur percobaan bagi Instagram

Hal pertama yang harus lo ketahui adalah IGTV merupakan fitur percobaan dari Instagram. Berbeda dengan Stories sebelumnya, IGTV ini masih belum ada di media sosial atau media apapun yang ada di Internet. Dengan vertikal video, IGTV masih belum proven sebagai solusi untuk mengalahkan YouTube sebagai media video sharing terbesar.

Nggak hanya itu, Urbaners, beberapa fitur di IGTV juga masih belum user friendly. Misalnya masalah pengaturan following yang masih belum terlalu bagus sehingga lo harus search untuk mencari video dari following lo. Kekurangan IGTV yang terakhir adalah mereka masih belum memikirkan masalah monetize, jadi lo harus sedikit effort untuk membuat video vertikal tanpa monetize.

 

Lalu kapan sebaiknya lo membuat konten IGTV?

Pertanyaan selanjutnya adalah kapan sebaiknya lo membuat konten IGTV? Jika lo udah mempunyai akun YouTube, lo bisa melakukan mirroring dengan mengubah beberapa video di YouTube menjadi vertikal. Cara ini bisa lo gunakan untuk melihat bagaimana antusiasme followers lo di Instagram. Selain itu, kelebihan dari IGTV ini adalah lo bisa lebih dekat dengan followers karena ada fitur DM.

Jika lo masih belum punya akun YouTube dan ingin membangun engagement dari IGTV, lo bisa membuat 1-2 video dengan durasi sekitar 5-10 menit. Gunakan smartphone lo untuk mengambil dan mengedit video. Lo nggak perlu dulu membuat video dengan durasi panjang.

Walaupun masih banyak kekurangan, IGTV ini bisa lo gunakan untuk menjaga interaksi dan membangun followers lo.

 

Source: appinventiv.com

Comments

Perlu banget dongg