Trending
Sabtu, 31 Juli 2021

Apresiasi Konten lewat Fitur Baru Youtube, Super Thanks

  • Share

Apakah lo masih ingat dengan bahasan MLDSPOT beberapa waktu lalu tentang Youtube yang baru aja mengeluarkan TikTok versinya sendiri – alias Shorts?

Dari artikel itu, lo juga tau kan kalo Youtube berencana akan memberikan gaji pada konten kreator yang bekerja untuk membuat konten-konten menarik di Youtube. Ternyata, berawal dari hal itu – Youtube mencoba untuk mengajak kita semua mengapresiasi konten para Youtuber dengan donasi nih, bro.

Fitur donasi ini rencananya akan dibuat oleh Youtube sebagai apresiasi dari para penonton – sebagai penikmat konten untuk melakukan donasi sukarela dengan fitur Super Thanks. Lalu, gimana sih cara kerja dari donasi yang dibuat oleh Youtube ini? Langsung aja deh simak ulasannya di bawah ini!

Diumumkan Langung di Blog Youtube

Credit image – Brifly News

Sebelum membahas lebih jauh mengenai donasi yang bisa dilakukan oleh para penonton untuk kreator ini, ternyata Youtube udah mengumumkan hal ini terlebih dulu lewat video ilustrasi yang ada di blognya, fitur “Super Thanks” ini nantinya bakal berupa ikon “Thanks” dengan berbentuk hati dan huruf ‘S’ yang digantikan oleh lambang $.

Ikon tersebut nantinya akan berada di antara ikon download dan save yang terdapat di bawah setiap video YouTube. Dengan mengklik ikon itu, akan ada pilihan seberapa banyak jumlah uang yang akan lo berikan, mulai dari US$2, US$5, US$10, hingga US$50.

Nantinya, mata uang ini akan menyesuaikan dengan lokasi dari masing-masing pengguna dan akan disesuaikan dengan mata uang dari lokasi tersebut. Saat ini, fitur tersebut udah tersedia di 68 negara untuk layanan desktop, Android, dan iOS.

Barbara Macdonald – selaku Product Manager serta Paid Digital Goods dari Youtube mengatakan kalo kemungkinan kedepannya akan ada pilihan bagi para pengguna Youtube untuk memberikan donasi dengan jumlah nominal secara custom alias memberikan opsi bebas akan jumlah yang diberikan.

Toples Donasi di Setiap Video

Credit image – Asia’s Tech News Daily

Untuk merealisasikan ini tentu perlu banyak pihak yang terlibat, salah satunya Youtube mengajak lo sebagai penggunanya untuk ikut berdonasi untuk memberikan apresiasi pada kreator yang konten videoya lo nikmati.

Nantinya, konsep dari fitur ini akan berbentuk toples tip yang akan ada secara permanen dan muncul di setiap video yang diunggah oleh para kreator. Para penonton atau subscriber kreator ini bisa memberikan sejumlah uang kepada koten kreator favoritnya.

Meskipun belum dirilis secara resmi, tapi melansir dari Variety – kalo Youtube lagi melakukan uji coba versi beta-nya dalam beberapa bulan terakhir. Dulu, versi beta ini diberi nama Applause. Lalu, apa aja ya persiapan Youtube dalam membuat fitur terbaru ini?

Fitur Keempat Bagi Subscriber Membantu Kreator

Menurut Macdonald, fitur “Super Thanks” ini menjadi bentuk komitmen dari Youtube untuk membantu para kreator yang membuat konten dan bisa memperoleh pendapatan tambahan dari konten yang dibuat pada platform ini.

Meskipun begitu – fitur baru ini bukanlah fitur pertama yang dibuat Youtube untuk mendukung kreatornya, melainkan fitur produk keempat yang pernah dibuat. Sebelumnya, ada fitur channel membership – di mana para kreator bisa menentukan nominal biaya berlangganan secara bulanan bagi para subscriber. Kemudian di tahun 2017 dan 2019, YouTube meluncurkan fitur Super Chat dan Super Stickers –fitur tersebut berguna untuk memberi tip pada kreator lewat kolom chat selama live streaming berlangsung.

Kali ini – dengan fitur “Super Thanks“ ini para penonton bisa memberi tip pada video yang diunggah tanpa terbatas di waktu-waktu tertentu selama live streaming aja. Buat lo yang konten kreator, hal ini pastinya jadi hal yang membahagiakan – dan pastinya bikin lo makin bersemangat untuk bikin konten ya, bro!

Feature image – WeRSM

Comments

memanjakan youtuber
yutuber senang