Trending
Rabu, 28 Juli 2021

Bikin Impresi dengan Presentasi: Ini Tips Bikin Caranya jadi Menarik!

  • Share

Di era digital ini ada banyak banget kemudahan yang diberikan. Mulai dari entertainment yang membuat kita bisa mengakses hiburan dimanapun kita berada, ada pula kemudahan yang keliatan signifikan adalah mempermudah pekerjaan dan jjga pembelajaran.

Salah satu hal yang dipermudah adalah presentasi nih, bro. Sebelum adanya kemajuan teknologi, presentasi mungkin terasa membosankan karena monoton hanya mendengarkan obrolan aja. Tapi sekarang, lo bisa melakukan presentasi video biar lebih menarik, bro!

Presentasi video ini akan membuat lo lebih mudah dalam menyampaikan gagasan, ide, dan juga materi. Dengan video, pastinya semua akan terlihat menarik dan seluruh audiens akan memusatkan perhatian ke presentasi yang sedang dilakukan.

Tapi untuk bikin presentasi video bukan hal yang gampang, ada beberapa hal yang emang harus diperhatikan agar membuat presentasi video lo jadi menarik. Biar tau cara tepatnya, langsung aja simak di bawah ya!

Presentasi yang Efektif dan Persuasif

Credit image – Videohive

Presentasi video dilakukan bukan cuma untuk membuat presentasi terlihat lebih menarik, tapi juga karena video dapat memudahkan audiens untuk mengerti – sehingga presentasi dapat lebih efektif dan juga lebih persuasif.

Namun yang harus lo lakukan agar membuat presentasi yang efektif dan persuasif adalah menggunakan video hanya sebagai media untuk membantu lo presentasi, bukannya menggantikan. Maka dari itu, video yang dibuat selama 20 detik hingga 4 menit.

Audiens menilai kalo presentasi video akan membuat mereka tertarik setelah 60 detik diputar, setelahnya audiens akan kehilangan fokus dan nggak tertarik lagi dengan presentasi yang dilakukan. Jangan sampai hal ini terjadi – pastikan presentasi video lo dilakukan dengan proporsi yang normal ya!

Gunakan Layanan Video di Internet

Untuk membuat presentasi lo menarik, pastikan lo menggunakan layanan yang baik untuk membuat video lo menarik, pastikan lo bisa memanfaatkan layanan yang ada di internet dengan baik. Saat seperti ini udah banyak banget layanan yang mempermudah lo untuk membuat presentasi video – seperti Canva, Google Slide, Prezi, dan juga Swipe.

Layanan dari situs-situs ini ini bisa membantu lo untuk mengonsepkan video yang menarik agar audiens nggak mudah bosan dengan video yang ditampilkan. Biasanya, layanan yang mengonsepkan presentasi video ini nggak cuma bikin lo bikin menarik aja – tapi juga menyediakan template menarik yang membuat lo lebih mudah melakukan presentasi!

Meskipun ada beberapa layanan yang mengharuskan lo untuk membayar lebih dengan versi premium, tapi dijamin deh – situs-situs ini bakalan membantu kinerja lo dalam presentasi banget, alias bakal worth it, bro!

Bisa Bikin di Power Point juga, Bro!

Credit image – iSpring Solutions

Yang menarik – ternyata bikin video presentasi dengan mudah juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan power point. Namun sepertinya untuk menjadikannya video paling nggak versi power point lo harus yang tahun 2016 ya.

Hal ini mudah banget – lo bisa membuka file power point yang akan dijadikan video, lalu klik menu ‘File’, kemudian ketik pilih menu ‘Expert’ dan pilih create video.

Dengan membuat video lewat power point, lo bisa membuat video yang menarik dengan cara yang sama sekali nggak susah – kayak bikin presentasi biasa aja, bro!

Setelah membaca gimana presentasi video bekerja dan tipsnya dalam melakukannya, apakah lo udah siap tampil lebih menarik dalam presentasi?

Meskipun presentasi video emang bisa membuat presentasi menarik, tapi jangan sampai perannya menggantikan posisi lo sebagai presenter ya, bro!

Comments

Mantul mantap betul
bermanfaat sekali