Trending
Selasa, 16 Juni 2020

Cara Amankan Aplikasi WhatsApp dari Peretas

  • Share
  • fb-share
Cara Amankan Aplikasi WhatsApp dari Peretas

Peretasan belakangan ini marak terjadi. Nggak cuma akun-akun penting seperti mobile banking, e-Wallet, aplikasi e-Commerce untuk belanja online, atau e-Mail. Akun messenger dan media sosial pun juga jadi sasaran peretasan, salah satunya adalah WhatsApp, aplikasi komunikasi yang saat ini paling banyak digunakan.

Mengingat WhatsApp sendiri berisi pesan dan informasi personal, lo wajib menerapkan sistem keamanan yang cukup ketat untuk aplikasi ini. Nggak perlu menggunakan tambahan aplikasi. Lo bisa cukup mengaktifkan pengaturan keamanan khusus yang ada pada WhatsApp. Ini beberapa caranya!

 

Jangan Pernah Bagikan Kode Penting

Tampilan WhatsApp meminta kode akses dari sistem two-step verification

Cara pertama yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah jangan pernah bagikan informasi penting lo melalui WhatsApp, seperti password, kode penting terkait aktivasi, atau verfikasi akun. Kode rahasia ini biasa dikirimkan melalui SMS atau telepon. Jaga kerahasiaannya dengan melakukan sendiri semua langkah aktivasi dan verifikasi akun.

Lo juga bisa mengaktifkan PIN khusus untuk bisa membuka WhatsApp. Pengaturan ini bisa lo temukan pada pengaturan smartphone lo masing-masing. Bisa di bagian privacy atau security, bisa juga lo temukan di bagian applications manager. Jika memungkinkan, terapkan juga pindai sidik jari agar lebih aman.

 

Aktifkan Two-Step Verification

Seseorang memegang smartphone dengan tampilan two-step verification menu WhatsApp

Beberapa orang enggan mengaktifkan two-step verification pada akun WhatsApp karena dianggap ribet dan nggak efisien. Padahal, two-step verification bertujuan untuk memastikan bahwa yang masuk akun WhatsApp itu adalah lo sendiri dan bukan orang lain. Jadi demi keamanan data lo, pastikan WhatsApp lo sudah menggunakannya.

Caranya, ketuk tiga titik di bagian kanan atas layar saat lo buka aplikasi WhatsApp. Lalu pilih Account (Akun). Pada bagian pengaturan ini akan muncul menu Two-step verification, tekan tombol Enable (Aktifkan) pada bagian bawah tampilan. Mengaktifkan pengaturan ini berarti lo setuju untuk menerapkan PIN tambahan untuk mengaktifan akun WhatsApp lo ini.

 

Back Up Informasi dari WhatsApp

Siluet tangan memegang smartphone dengan logo WhatsApp di layar

Langkah pengamanan akun WhatsApp yang terakhir ini dilakukan dengan mem-back up semua informasi dari akun lo. Ini bisa lo lakukan dengan cara menambahkan serta mensikronisasikan alamat e-Mail lo dengan aplikasi WhatsApp. Dengan begini akun lo akan lebih mudah untuk dipulihkan.

Aplikasi WhatsApp sendiri secara berkala melakukan back up data dengan akses ke e-mail lo. Untuk cara ini lo bebas apakah lo merasa perlu untuk mem-back up data dan informasi dari aplikasi WhatsApp atau nggak. Jika lo setuju, lo bisa memberikan akses pada aplikasi ini untuk melakukan sinkronisasi otomatis. Tapi jangan khawatir, karena saat proses back up dilakukan lo akan dapat notifikasi juga.

Itu dia Bro, tiga cara sederhana untuk amankan aplikasi WhatsApp dari peretasan. Coba terapkan proteksi yang sama pada aplikasi lainnya yang penting di smartphone lo. Toh, nggak ada salahnya berjaga-jaga, daripada menyesal kemudian.

 

 

 

 

Sources: The Verge, Tekno Kompas, Hype Grid

Comments
Radhitya
siap laksanakan
SAWI TRI
Jangan Pernah Bagikan Kode Penting