Trending
Rabu, 30 Maret 2016

Cek Makanan di Kulkas Lo

  • Share
  • fb-share
Cek Makanan di Kulkas Lo

Menyimpan makanan dalam kulkas memang membuat makanan tersebut lebih awet dan bisa dikonsumsi untuk hari berikutnya. Siapa sangka, ternyata nggak semua bisa bertahan dengan lama dalam kulkas, baik itu di lemari pendingin maupun freezer. Soalnya, masing-masing makanan punya daya tahan tersendiri yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan lengkap dengan berapa lama lo bisa menyimpannya dalam kulkas.

 

Roti

Roti tawar biasa, rasanya nggak perlu dimasukkan ke dalam kulkas. Dalam seminggu aja, roti tawar bisa kadaluarsa. Berbeda halnya kalau lo menaruh roti tersebut ke dalam freezer. Roti tawar bakal bertahan lama sepanjang 1 bulan. Kalau lo nyimpan cake, ada baiknya lo taruh di freezer. Cake yang nggak bisa beku biasanya bertahan hingga 2-4 bulan, sedangkan cake dengan bahan dasar buah biasanya bertahan hingga 6-12 bulan.

 

Olahan susu

Jangan taruh susu di dalam kulkas. Pasalnya, susu akan cepat rusak dan kandungan lemaknya akan berubah jadi lemak jahat. Cukup taruh di lemari pendingin, susu bakal bertahan selama 1-2 minggu, selama segel masih belum terbuka. Beda lagi dengan keju yang meskipun sudah terbuka bungkusnya masih bisa lo konsumsi hingga 6-12 minggu di dalam kulkas. Olahan susu yang paling nggak tahan meskipun di letakkan di kulkas adalah puding. Puding hanya bertahan 2 hari saja di dalam kulkas dan tidak disarankan untuk menaruhnya dalam freezer.

 

Telur

Lebih baik lo menyimpan telur dalam keadaan mentah dan belum di cuci di kulkas. Pasalnya, telur akan bertahan selama 1-2 bulan. Sedangkan telur yang sudah direbus, hanya bertahan maksimal 2 minggu di dalam kulkas. Selebihnya, jangan dimakan ya Urbaners.

 

Makanan jadi

Kalau lo punya pizza atau burger sisa, sebaiknya lo habiskan saat itu juga atau buat sarapan juga boleh. Pasalnya, makanan jadi seperti pizza dan burger biasanya hanya bertahan 3-5 hari di kulkas.

 

Daging

Jika lo memasukkan daging ke lemari pendingin biasa, apapun jenisnya, paling lama hanya bisa bertahan selama 5 hari. Namun, jika lo masukkan ke freezer, bisa berbulan-bulan. Daging sapi bisa bertahan 6-12 bulan. Sedangkan daging ayam hanya bertahan selama 9 bulan.

Jadi, kalau ada bahan makanan yang udah lo masukin dan melebihi waktu yang disebutkan, sebaiknya buang segera sebelum lo nggak sengaja makan dan terjadi hal yang nggak diinginkan. Untuk selanjutnya, ada baiknya sebelum lo masukkan ke kulkas, bungkus dulu dengan plastik dan tulis tanggal pembeliannya.

 

 

Source: demesne.info, iol.co.za, greatist.com

Comments
Nasurun
Mantap betul
Sandi Widiyantoro
Jadi manfaatkan kulkas kalian