Trending
Selasa, 09 Agustus 2016

4 Masakan Khas Kerala yang Wajib Lo Coba

  • Share
  • fb-share
4 Masakan Khas Kerala yang Wajib Lo Coba

Main ke India, jangan lupa mampir ke Kerala. Salah satu kota yang terletak di utara India ini terkenal berkat masakan dengan tekstur dan rasa yang unik dari semua masakan India. Meski punya rasa yang berbeda, sekali lo coba pasti bakal ketagihan. Buat lo food traveler sejati, ini nih masakan khas Kerala yang wajib lo coba ketika berkunjung kesana.

 

Beragam keripik

Bagi masyarakat India, Kerala merupakan pusatnya segala keripik. Banyak variasi keripik yang tersedia mulai dari keripik nangka muda hingga keripik tapioca yang digoreng dengan minyak kelapa. Selain itu, ada juga keripik pisang manis yang dilapisi dengan jaggery, sejenis caramel, yang khusus hanya ada ketika Perayaan Vishu. Namun yang terbaik cuma satu, Ethakka Upperi, keripik pisang yang direndam kunyit dan air garam sebelum akhirnya digoreng hingga kering.

 

Appam

Apem? Ya, kira-kira makanan ini mirip dengan itu. Namun bedanya, appam memiliki tekstur lembut di tengah dan krispi di pinggirannya serta bercitarasa gurih. Lebih mirip serabi bila lo bandingkan dengan makanan ini. Appam paling nikmat dimakan dengan kuah Pachakari yang kaya akan bumbu.

 

Malabari Biryani

Biryani, makanan sejenis nasi bumbu, adalah makanan paling ikonik di Kerala. Namun berbeda dengan Malabari Biryani. Pasalnya, Biryani ini dimasak dengan bahan dasar Jeerakasala, jenis bulir padi berukuran kecil yang umum digunakan di kawasan Malabar. Biryani ini juga nggak pakai kunyit atau pewarna lainnya, melainkan bawang goreng yang membuat nasi Biryani jadi lebih cokelat dan lebih gurih tentunya. Malabari Biryani paling mantap bila dimakan dengan ikan dan udang dibandingkan dengan daging seperti Biryani pada umumnya.

 

Karimeen Polichatu

Kerala punya banyak makanan yang mirip dengan masakan-masakan dari Asia Tenggara, contohnya yang satu ini. Ikan Karimeen digoreng sejenak kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu dan dibungkus dengan daun pisang. Setelah rapi, bungkusan tersebut dipanggang di atas arang. Mirip seperti ikan bakar gitu kalau di Indonesia.

Makin lapar aja nih. Pengen nyobain makan semua masakan khas Kerala di atas? Berangkat aja ke India dan rasakan satu per satu semua makanan tersebut. Jangan lupa untuk bawa oleh-oleh buat keluarga di rumah biar kebagian rasa India-nya.

 

Source: ndtv.com

Comments
Ahdan Maulana Muhammad
Wah keren abissss
Sandi Widiyantoro
Soon cobain semua