Trending
Senin, 30 Agustus 2021

Film Pendek Terbaru Banksy, Berjudul A Great British Spraycation

  • Share

Berhubung belakangan lagi rame masalah mural-muralan di sosial media, ada berita terbaru nih dari dedengkot street art dunia, Banksy. Belakangan setelah diketahui membuat beberapa instalasi seni jalanan yang disebar di lima kota di Inggris, Banksy merilis sebuah film pendek yang merangkum karya-karyanya. Film berjudul “A Great British Spraycation” ini selain berisi kumpulan karyanya, juga membicarakan banyak hal termasuk masalah lockdown di seluruh dunia serta masalah wisata domestik di Inggris sebagai kampung halamannya.

 

Buat lo para pemerhati street art tentunya karya terbarunya ini bakal jadi hal yang menarik. Karena selain membahas karya-karya personal-nya, Banksy yang dikenal dengan pembawaan humorisnya juga punya komentar sosial yang selalu jadi pusat perhatian.

 

Pertama kali mengumumkan perilisan film ini melalui postingan di Instagram-nya, Banksy merekam proses kelima karya-nya yang tersebar di beberapa kota di Inggris, termasuk di Gorleston, Oulton Broad, Cromer, Great Yarmouth, dan juga Lowestoft. Film pendek A Great British Spraycation ini juga bisa jadi salah satu ‘jejak’ paling jelas dari Banksy, karena film ini berhasil merekam dengan baik proses kreatif dari salah satu seniman yang punya predikat paling kontroversial dan misterius tersebut. 

 

Aktif sejak tahun 1990-an, karya-karyanya terkenal satir dan mengkombinasikan dark humour dan grafiti, yang dieksekusi dengan teknik stensil. Selama puluhan tahun berkarya, identitas Banksy yang masih anonymous hingga saat ini juga membuatnya bebas menuangkan protes dan komentar sosialnya melalui karya-karya grafiti yang tersebar hampir di seluruh dunia. 

 

Mana karya Banksy yang paling membekas buat lo? Coba ceritakan di kolom komentar dong!

 

​​https://www.instagram.com/p/CShWMUwFKkI/ 

Comments

kereen banget
Keren. 👍👍👍👍👍👍👍