Trendings
Kamis, 09 Maret 2017

Gara-gara Typo, Internet di Amerika Serikat Down

  • Share

Amazon.com mungkin sudah menjadi salah satu e-commerce terbesar di dunia yang muncul sejak tahun 1994, tetapi bukan berarti sang CEO Jeff Bezos merasa puas. Pada tahun 2002, Jeff Bezos mengeluarkan Amazon Web Service (AWS) dan sekarang menjadi salah satu perusahaan cloud computing terbesar di dunia. Sayangnya, nama besar AWS harus tercemar karena pada tanggal 28 Februari 2017 kemarin sistem AWS down dan membuat internet di Amerika Serikat sempat mati suri.

 

Down Karena Typo atau Salah Input

Setiap kali perusahaan teknologi mengalami kerusakan atau kelalaian, pasti sang perusahaan akan melakukan klarifikasi. Nah, klarifikasi dari Amazon adalah terjadi typo atau salah input code. Karena typo tersebut, akhirnya pihak dari Amazon harus me-reset ulang semua sistemnya. Parahnya lagi nih, Urbaners, ternyata sistem dari AWS ini nggak pernah sekalipun di-reset selama beberapa tahun terakhir, jadi harus membutuhkan waktu yang cukup lama.

 

Situs Besar Jadi Klien AWS

Berkat nama besar Amazon, tentu AWS dengan mudah mendapatkan klien besar. Beberapa klien besar dari AWS adalah Medium, Slack, dan Quora, yang nggak bisa diakses sama sekali pada tanggal 28 Februari 2017 kemarin. Dalam sejarah AWS sendiri, hanya beberapa kali servis dari AWS ini mengalami down, itu pun terjadi di malam hari ketika pengakses nggak begitu banyak. Tetapi kali ini, AWS kecolongan dan down selama empat jam. Medium, Slack, dan Quora merupakan website dengan pengunjung yang bisa mencapai jutaan tiap harinya. Jadi ketika website mereka down, tentu seakan akses internet di Amerika Serikat mati.

Amazon sendiri melalui klarifikasinya meminta maaf kepada seluruh pengguna dari AWS dan akan berbenah lagi di kemudian hari. Amazon juga mengatakan bahwa mereka sudah menambah kapasitas mesin untuk meminimalisir kesalahan typo pada saat input code.

Ngeri banget ya, Urbaners. Hanya karena typo, internet di Amerika Serikat ini bisa “mati total”. Jadi mulai sekarang hati-hati kalau nulis, ya.

 

Source: engadget.com

Comments

Nice information