Trending
Kamis, 01 Juli 2021

Greenroom, Fitur Baru Spotify buat Nyaingin Clubhouse: Bisa Langsung Take Podcast, Bro!

  • Share

Setelah kehadiran Clubhouse di tahun lalu sebagai sosial media berbasis audio interaktif ini mampu menyihir para pengguna sosial media. Nggak ada yang nyangka – kalo ternyata sosial media dengan basis audio mampu menjadi hal yang digemari oleh masyarakat.

Setelah kehadiran clubhouse, Twitter pun ikutan dengan membuat Space. Nggak mau kalah, kali ini Spotify juga ikutan bikin, bro!

Dengan nama Greenhouse, sepertinya Spotify emang mencoba menjadi sosial media berbasis audio yang digunakan oleh para pengguna media. Bakal seperti apa kira-kira clubhouse versi Spotify ini? Langsung simak aja ulasannya di bawah.

Platform Audio Baru

Greenroom

Credit image – In Time Blog

 

Seperti yang kita ketahui, Spotify sebagai aplikasi musik yang awalnya menjadi music player ini saat ini udah merambah menjadi sosial media. Spotify telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan fitur sosial pertamanya dengan nama “Greenroom”.

Platform audio ini akan memungkinkan para penggunanya berbagi pesan lewat audio ini dianggap mirip dengan Clubhouse. Greenroom akan membuat para pengguna Spotify untuk berinteraksi di dalam sebuah “ruangan” yang dapat diisi hingga 1000 anggota.

Bisa Langsung Take Podcast

Greenroom

Credit image – GSM Arena

 

Meskipun dikatakan mirip Podcast, sosial media yang satu ini punya keunikan yang nggak dimiliki oleh sosial media lainnya. Yaitu memilliki opsi untuk mengubah percakapan dalam ruangan yang  menjadi sebuah podcast secara langsung.

Sosial media ini pastinya asik banget buat dijajaki apalagi buat lo para content creator – terkhusus yang emang rajin bikin Podcast, bro!

Dirilis setelah Mengakuisisi ‘Locker Room’

Berita perilisan ini muncul setelah Spotify secara resmi mengakuisisi perusahaan aplikasi audio yang bernama Locker Room pada bulan Maret lalu. Siapa sangka – ternyata dengan tergabungnya dua aplikasi menjadi sebuah sosial media berbasis audio yang memudahkan lo untuk membuat Podcast.

Spotify Greenroom dalam rencananya akan tersedia untuk pertama kalinya di iOS dan Android. Nantinya, sosial media ini akan tersedia di lebih dari 135 pasar di seluruh dunia. Spotify dan tentunya Locker Room membangun ‘Greenroom’ dengan mempertimbangkan pencipta dan artis yang ikut mengembangkan Spotify hingga seperti sekarang ini.

Optimalisasi konten yang dilakukan oleh para content creator yang membuat Spotify menginisiasikan untuk membuat sosial media agar menjadi media interaktif yang menghubungkan para pengguna Spotify.

Sosial media ini juga diharapkan agar para user dari Spotify dapat lebih mengenal secara mendalam dalam satu ruangan secara langsung,. Penjelasan yang panjang ini disampaikan langsung oleh Spotify dari website resmi Spotify sendiri.

Selain Interaksi, juga Bisa Donasi, Bro!

Greenroom

Credit image – Spotify for Artists

 

Salah satu hal yang membuat menarik dari Greenroom ini selain bisa digunakan sebagai ajang take podcast secara live juga menjadi ajang di mana para kreator bisa mendapatkan apresiasi lebih dari penggemarnya lewat fitur donasi.

Bersamaan dengan peluncuran Greenroom, Spotify juga mengumumkan telah meluncurkan Spotify Creator Fund – di mana fitur ini memungkinkan pembuat konten di Spotify langsung di platform untuk mendapatkan reward  karya yang telah dibuatnya.

Pastinya, dengan fitur ini para kreator juga dapat lebih berkembang. Secara nggak langsung, hal ini juga membantu para kreator untuk lebih beremangat dalam bikin konten.

Secara official Pengguna dapat mendaftar Spotify “Greenroom” disini. Tapi untuk saat ini Spotify hanya megizinkan pengguna khusus dari Amerika Serikat aja, untuk Indonesia dan wilayah lainnya Spotify belum mengumumkan lebih lanjut.

Sambil nunggu rilisnya di Indonesia, lebih baik lo ngumpulin jadi member MLDPOINTS dulu deh, bro. Karena dengan ngumpulin pointsnya, lo bisa banyak banget dapatin hadiah menarik, bro!

 

Feature image – Archyde

 

Comments

Langsung Take Podcast
semua akan podcaster pada waktunya