Trending
Sabtu, 29 Februari 2020

Hebat! Anthony Ginting Masuk Peringkat 3 Tunggal Putra Dunia!

  • Share
  • fb-share
Hebat! Anthony Ginting Masuk Peringkat 3 Tunggal Putra Dunia!

Kabar menggembirakan datang dari bulu tangkis Indonesia, khususnya sektor tunggal putra. Untuk pertama kalinya, Indonesia menempatkan satu pemainnya, Anthony Sinisuka Ginting, berada di posisi 3 dunia, setelah hampir tujuh tahun nggak ada atlet tunggal putra Merah Putih yang bertengger di deretan puncak elit dunia itu.

 

Perjalanan Menuju Top 3 Dunia

Anthony Ginting melakukan selebrasi saat mendapatkan poin pada pertandingan

Pencapaian Ginting untuk menduduki peringkat 3 dunia sektor tunggal putra bukan sesuatu yang gampang. Ia harus berkali-kali berjuang sampai babak final di beberapa turnamen besar, hingga akhirnya menempati deretan puncak pemain elit. Dalam perjalanannya, Ginting hampir selalu bermain membahayakan lawan-lawannya, termasuk Kento Momota, tunggal putra peringkat 1 dunia asal Jepang.

Ginting tembus peringkat 3 dunia setelah ia mengikuti turnamen Badminton Asia Championship di Filipina, Januari lalu. Ginting memiliki peran penting dalam kejuaraan beregu itu, dengan menyapu bersih semua match yang dimainkan. Pemain berusia 23 tahun itu sekarang sudah mengumpulkan 78,332 poin, menggeser posisi Viktor Axelson asal Denmark.

Anthony Sinisuka Ginting sendiri ikut menyumbang poin untuk tim Indonesia, saat pasukan putra Merah Putih unjuk gigi di partai akhir Kejuaraan Beregu Asia itu. Kemenangan Ginting memacu rekan-rekannya untuk mengambil poin, sampai akhirnya Indonesia menang 3-1 lawan negeri jiran Malaysia.

 

Ranking Terbaik Ginting

Anthony Ginting saat mengembalikan shuttlecock kepada lawannya

Pencapaian ini merupakan prestasi terbaik Ginting selama terjun di dunia bulu tangkis. Dengan usia yang masih muda, yaitu 23 tahun, pemuda asal Cimahi Jawa Barat itu berhasil membuktikan keseriusannya untuk membanggakan Indonesia di kancah bulu tangkis dunia. Ginting sendiri memulai debutnya pada 2013, bersama rekan-rekannya seperti Jonatan Christie dan Bayu Pangisthu.

Nggak hanya mencatatkan sejarah untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk Indonesia. Ginting menjadi tunggal putra pertama yang berhasil bertengger di peringkat 3 dunia dalam enam tahun ke belakang. Terakhir kali Merah Putih punya wakil di deretan Top 3 tunggal putra yaitu pada 2014, Tommy Sugiarto.

 

Harapan di Sektor Tunggal Putra

Di turnamen Internasional, Indonesia sendiri masih bertumpu pada nomor putra, khususnya ganda putra. Hal ini nggak terlepas dengan keberadaan tiga pasang ganda putra Merah Putih yang berhasil menguasai deretan 5 besar peringkat dunia. Tapi setelah masuknya Ginting pada peringkat 3 dunia, ini bisa menjadi angin segar. Pasalnya, saat ini, sektor tunggal putra Indonesia masih kesulitan merebut posisi puncak elit dunia, terutama setelah era Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro.

Bersama Jonatan Christie yang saat ini juga berada di deretan 10 besar tunggal putra dunia, PBSI mematok target tinggi untuk Olimpiade di Jepang mendatang. Alex Tirta Ketua Harian PBSI meminta, tunggal putra Merah Putih bisa membuat kejutan di pesta olahraga lima tahunan itu. Semoga tercipta!

 

 

Source: Bola, Suara.com, Liga Olahraga.

Comments
John Hutabarat
mantap, lanjutkan
Asep hidayatulah
Artikelnya keren