Trending
Kamis, 14 Juli 2016

Hebat! Ini Ilmuwan Indonesia yang Diajukan Jadi Nominasi Nobel 2016

  • Share
  • fb-share
Hebat! Ini Ilmuwan Indonesia yang Diajukan Jadi Nominasi Nobel 2016

Hingga saat ini, jarang kita dengar ada prestasi ilmuwan asal Indonesia yang berkiprah di tingkat dunia. Terakhir, ada ahli geografi yang gabung di penjelajahan antartika. Kali ini, giliran Dr Taruna Ikrar. Kabarnya, kampus tempat dia bekerja sekarang mengajukan namanya sebagai salah satu nominasi penghargaan kelas dunia, Nobel Prize.

 

Tidak sendirian

Lo mungkin nggak pernah denger nama ilmuwan yang satu ini, Dr Taruna Ikrar, MD, MPharm, PhD. Dokter asal Makassar ini menjabat sebagai spesialis asisten di Laboratorium Xu Department of Anatomy and Neurobiology di University of California, Irvine. Saat ini, Taruna telah menghasilkan 54 penemuan penting dengan salah satunya adalah terapi genetik jantung untuk para penderita kelainan jantung bawaan.

Beberapa waktu yang lalu, salah satu karya terbarunya diajukan oleh University of California tempatnya bekerja untuk mengisi nominasi penghargaan Nobel 2016 mendatang di bidang kedokteran. Taruna merupakan salah satu dari tiga orang tim yang mengembangkan optogenetic laser stimulation. Dua lainnya adalah ilmuwan dari Stanford University, Dr Ivan Soltesz, yang berasal dari Hongaria, serta Dr Amar Sahay, ilmuwan dari Harvard University, yang merupakan warga Amerika Serikat.

 

Penemuan penting di bidang neurologi

Optogenetic sendiri merupakan sebuah metode operasi menggunakan spektrum cahaya tertentu untuk membuat aktif atau non-aktif sel saraf (neuron) di otak. Metode ini kelak dapat digunakan sebagai pengobatan penyakit-penyakit otak seperti parkinson, epilepsi, schizophrenia, dan lain sebagainya.

Hingga saat ini, status Taruna dan kawan-kawan masih dalam proses pengajuan nominator. Pengajuan nominator di ajang Penghargaan Nobel itu hanya dapat dilakukan oleh pihak-pihak tertentu dan atas undangan Panitia Nobel Prize. Hingga saat ini, dalam bidang kedokteran saja, sudah ada 273 ilmuwan yang telah mengajukan diri menjadi nominator untuk Penghargaan Nobel 2016.

Rencananya, selama bulan Juni hingga Agustus, panitia Penghargaan Nobel akan melakukan seleksi atas nama-nama yang telah diajukan. Bulan Oktober mendatang akan diketahui secara pasti siapa yang akan memenangkan ajang bergengsi tersebut.

Kita tunggu aja nih, apakah Dr Taruna Ikrar bakal mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi setidaknya salah satu nominasi dalam penghargaan tersebut. Bakalan sangat membanggakan bila Dr Taruna jadi pemenangnya. Kita berdoa saja semoga dia sukses.

 

Source: Goodnewsfromindonesia.com, republika.co.id, Wikipedia.org

Comments
Agus Sungkawa
Jadi Nominasi Nobel 2016
Sadam Husaeni tulloh
Kerennn bangett bossss