Trending
Rabu, 17 Oktober 2018

Ini 4 Alasan Sepak Bola Kurang Populer di Amerika

  • Share
  • fb-share
Ini 4 Alasan Sepak Bola Kurang Populer di Amerika

Popularitas olahraga sepak bola di dunia udah nggak perlu diragukan lagi. Di Indonesia dan Asia, juga selalu menjadi olahraga dan tontonan nomor satu yang paling banyak penggemarnya. Terlebih lagi di benua Eropa, memiliki banyak bintang sepak bola. Bahkan, setiap pekannya para penggemar olahraga tertuju pada pertandingan-pertandingan yang digelar di masing-masing negara.

Berbeda di Amerika Serikat, olahraga sepak bola atau soccer ini memang kurang diminati jika dibandingkan dengan olahraga lain, seperti baseball, ice hockey, american football, apalagi basket. Atlet terbaik di negeri Paman Sam masih memilih olahraga selain sepak bola. Mereka yang mampu berlari cepat akan bermain di American Football, sedangkan atlet yang bisa berlari nonstop sambil membawa bola akan bermain basket.

Dilansir dari sport.one, sepak bola Amerika Serikat berada di urutan kelima. Di atas olahraga tinju di posisi keenam dan di bawah Hocky yang ada di posisi keempat. Basket yang begitu terkenal di dunia hanya menempati posisi ketiga. Lalu, mengapa begitu? Berikut ini beberapa alasan sepak bola kurang populer di Amerika Serikat.

Suporter Sepak Bola Anarkis

sepak bola amerika

Credit image - overboarder

Pertandingan olahraga memang kurang lengkap ya, bro, kalo nggak ada suporter. Namun, aksi para suporter sepak bola identik dengan huru hara dan tindakan anarkisme. Nah, ini menjadi salah satu alasan kenapa masyarakat Amerika kurang suka dengan jenis olahraga ini.

Padahal, nggak semua suporter bertindak seperti itu. Kalo penonton sepak bola bertindak anarkis ataupun menimbulkan gaduh, tentunya bakal mengganggu jalannya pertandingan, dan juga membuat suasana tegang serta mencekam.

Orang Amerika Suka Olahraga yang Keras

Orang Amerika umumnya menyukai olahraga yang keras. Kalo lo perhatikan, hampir semua olahraga di Amerika Serikat mempunyai skor tinggi. Coba lo lihat NBA yang hasil akhirnya bisa mencapai 100 poin lebih.

Sama juga dengan American Football, yang satu kali touchdown adalah 6 poin, dan jika ditambah dengan kick in akan bernilai 3. Jadi, jangan kaget ketika melihat skor di National Football League atau NFL ini mencapai 30 sampai 40-an poin.

Adapun contoh jenis olahraga keras lainnya yaitu Mixed Martial Arts (MMA). Kontak fisik yang begitu masif dalam pertarungan MMA. Misalnya, menendang atau membanting hingga lawan tersungkur juga digemari oleh masyarakat Amerika.

Senang Olahraga Menggunakan Tangan 

sepak bola amerika

Credit image - shareamerica

Masyarakat Amerika cenderung lebih senang berolahraga menggunakan tangan. Karena sepak bola termasuk olahraga yang menggunakan kaki untuk bermain, sehingga kurang diminati oleh mereka. Inilah yang menyebabkan olahraga basket, yang menggunakan tangan untuk bermain, lebih populer dibandingkan bola kaki, bro. 

Selain itu, sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak adegan pura-pura. Hampir semua pelanggaran disertai dengan adegan pemain mengerang kesakitan sambil memegang kaki atau pahanya. Seperti di NBA, atlet yang melakukan tindakan berlebihan saat dilanggar pemain lawan akan dikenai denda.

Skor Pertandingan Nggak Cepat Berubah 

Alasan lain kenapa orang Amerika nggak suka dengan sepak bola yaitu skornya nggak cepat berubah. Berbeda dengan basket yang skor hasil pertandingannya berubah-ubah secara cepat. Sehingga, membuat suasana menjadi lebih seru dan menegangkan.

Olahraga seperti itu menjadi salah satu karakter permainan olahraga yang disukai masyarakat Amerika umumnya. Sedangkan dalam pertandingan sepak bola, skor pertandingan biasanya nggak berubah dalam waktu cepat, dan skor hasil pertandingan pun biasanya nggak besar.

Sementara itu, di Amerika Serikat banyak sekali orang yang tergila-gila bermain fantasy yaitu memilih setiap pemain per tim yang bertanding untuk mendapatkan skor tertinggi. Walaupun sekarang sepak bola, khususnya Liga Inggris juga terdapat Fantasy Premier League, tradisi fantasy di Amerika ini udah dimulai sejak tahun 1960-an, bro.

Itulah yang menjadi alasan kenapa orang Amerika kurang minat dengan olahraga sepak bola. Sebenarnya nggak salah kalo menyimpulkan bahwa secara kultural, sepak bola memang nggak relevan dengan budaya mereka.

Meskipun begitu, kompetisi sepak bola di Amerika Serikat masih tetap ada kok. Nah Kalo lo sendiri termasuk penggemar sepak bola atau nggak nih, bro?

 

Featured image - unsplash

Comments
diana mayasari
keren banget
Asep hidayatulah
Artikelnya keren