Trending
Jumat, 07 Oktober 2016

Ini Adalah Alasan Kenapa Pluto Bukan Bagian Dari Tata Surya Lagi

  • Share

Ditemukan sejak tahun 1930, Pluto disebut sebagai bagian dari tata surya. Tetapi mulai tahun 2006, ternyata Pluto nggak bisa disebut sebagai planet yang mengorbit di tata surya, kenapa demikian?

Ternyata ada banyak sekali faktor untuk menjadikan bahwa Pluto itu bukan termasuk tata surya. Ada dua faktor yaitu ukuran dan juga orbit. Nah ternyata Pluto ini nggak memenuhi syarat dua faktor tersebut dan pada akhirnya ditahun 2006 tata surya ini hanya berisi 8 planet tidak termasuk Pluto.

 

Orbit Pluto masuk ke dalam orbit planet lain

Jika lo cermat mengikuti mata pelajaran Fisika pada saat SMP lalu, lo akan melihat bahwa setiap planet di tata surya ini memiliki orbit yang sama persis mengelilingi matahari dan nggak bertabrakan satu sama lain. Dan ternyata ketika para pengamat tata surya ini meneliti orbit Pluto, planet ini memang mengelilingi matahari tetapi orbitnya nggak beraturan dan malah cenderung menabrak orbit planet lain.

 

Debat Pluto itu termasuk planet atau tidak

Pada tanggal 24 Agustus 2006 International Astronomical Union (IAU) mengadakan debat terbuka untuk menyatakan bagaimana sebuah benda di luar angkasa ini disebut planet atau tidak. Pada kongres yang menghasilkan 3 fakta mutlak apakah benda luar angkasa bisa disebut planet atau tidak ini, menyatakan bahwa Pluto nggak masuk di dalamnya.

Fakta pertama adalah sebuah planet harus memiliki orbit mengelilingi matahari. Fakta kedua adalah memiliki masa yang cukup besar dengan diameter minimal 800 kilometer. Dan fakta terakhir adalah planet itu nggak boleh memotong orbit planet lain. Dari ketiga ciri-ciri planet tersebut, ternyata nggak satu pun yang dimiliki oleh Pluto.

 

Nama Pluto ganti

Setelah mengeluarkan Pluto dari tata surya, kongres IAU tahun 2006 ini juga akan mengganti nama Pluto. Nama baru Pluto adalah 134340 Pluto, atau asteroid nomor 134340. Yup Urbaners, sekarang Pluto bukan planet lagi tetapi sebuah asteroid. Tetapi apakah akan ada planet yang dikeluarkan atau malah ada planet baru? Tunggu saja kabarnya Urbaners.

Comments

Baru tahu gue
Kayak belajar sd lg ya