Trending
Jumat, 29 April 2016

Inilah Orang-Orang Inggris yang Paling Dermawan Tahun 2015

  • Share
  • fb-share
Inilah Orang-Orang Inggris yang Paling Dermawan Tahun 2015

Seorang selebritis terkenal pasti bergelimang harta. Setidaknya itu yang dihasilkan atas jerih payahnya di bidang yang ditekuni. Lantas, apa harta yang banyak justru menutup hati nurani mereka? Nggak berlaku dengan selebritis-selebritis asal Inggris berikut ini. Banyak uang justru makin menaikkan keinginan mereka untuk berdonasi untuk orang yang membutuhkan. Siapa saja mereka?

 

Elton John dan JK Rowling jadi yang paling dermawan

Sir Elton John dan JK Rowling tercatat sebagai selebritis asal Inggris yang paling sering berdonasi yang bisa dibilang nggak sedikit.

John misalnya, tahun lalu menyumbangkan 26,8 milyar pounds atau setara dengan lebih dari 500 miliar rupiah ke organisasi pengumpulan dana untuk penderita AIDS di Inggris dan Amerika Serikat yang dia dirikan pada tahun 1992 lalu. Sedangkan Rowling mendonasikan hampir 10,3 milyar pounds atau hampir 200 milyar rupiah.

Penulis serial Harry Potter ini memilih Lumos Foundation untuk berdonasi. Organisasi ini bertujuan memenuhi kebutuhan institusi dan panti asuhan untuk anak di seluruh dunia yang hampir tutup. Selain Lumos Foundation, Rowling juga mendonasikan sebagian uangnya untuk Volant Charitable Trust, yang mengumpulkan dana dimana salah satunya untuk melakukan penelitian terhadap penyakit multiple sclerosis yang sempat membunuh ibunda Rowling.

 

Dari daftar yang dibuat sebuah media terkenal di Inggris

Selain dua nama tersebut, pegolf Rory McIlroy, boyband One Direction, dan juga musisi dari band Queen Brian May serta Roger Taylor juga jadi salah satu nama selebritis yang masuk dalam daftar donatur paling dermawan yang diterbitkan oleh The Sunday Times.

Dalam daftar yang dibuat oleh The Sunday Times tersebut, selama 12 bulan lalu ada 2,66 biliun pounds yang kekayaan yang didonasikan. Tahun ini, nama yang jadi pemuncak daftar The Sunday Times Giving List adalah keluarga Sainsbury yang sekaligus menjadi tahun ketiga secara berturut-turut. Keluarga yang menghasilkan uang sebagai founder retailer supermarket terbesar kedua di Inggris ini memberikan setidaknya 220 milyar pounds selama tahun 2015 lalu, yang totalnya hampir 40% dari kekayaan mereka.

Dari seluruh nama selebritis yang tercantum dalam daftar tersebut, atlet dan musisi kebukti menjadi yang paling dermawan. David Beckham, Coldplay, hingga legenda the Beatles, Ringo Starr, menjadi satu dari sekian banyak nama yang terpampang. Ya, semoga aja mereka tetap jadi dermawan dan nggak lupa asalnya.

 

 

Source: theguardian.com

Comments
ROBERTUS SUROSO
Dari daftar yang dibuat sebuah media terkenal di Inggris
Fajrin Efantri
multiple sclerosis