Trending
Jumat, 18 Maret 2022

Inspiring People Di Balik Euforia MotoGP; Marshal Lokal

  • Share
  • fb-share
Inspiring People Di Balik Euforia MotoGP; Marshal Lokal

 

Di tengah euforia event MotoGP di Mandalika, mayoritas dari kita pasti fokus sama para pembalap atau sirkuitnya. Padahal di event yang rencananya digelar pada 18-20 Maret 2022 ini ada salah satu peran di sisi lintasan yang sering kita lewatkan; marshal lokal. 

 

Sebagai event terbesar ketiga di Sirkuit Internasional Mandalikasetelah World Superbike (WSBK) dan tes pramusim MotoGP, kehadiran marshal lokal jadi salah satu hal terpenting. Buat lo yang belum tau, marshal lokal punya tugas membantu di lapangan saat balapan mengalami insiden. Terkesan sepele, tapi sebenernya krusial. Menurut Donny Mahardjono, instruktur marshal dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) ada 5 jenis marshal yang bertugas di event ini: Flag Marshal, Track Marshal, Rescue Marshal, Pit & Grid Marshal, dan Moto Taxi.

 

Di Pertamina Grand Prix of Indonesia nanti, sebagian marshal adalah mereka yang juga terlibat di event World Superbike (WSBK) akhir November lalu. Biarpun udah ada pengalaman, sebelum event mereka terus latihan supaya skill mereka tetap terasah.

 

Pelatihan marshal salah satunya menangani kebakaran, mereka belajar mulai dari mengenali jenis material yang terbakar, angkut APAR dan kehati-hatian. Berhubung marshal lokal ini umumnya warga sekitar yang direkrut, instruktur wajib punya seni komunikasi yang baik karena bisa jadi ada perbedaan kultur dengan warga lokal tersebut.

 

Menurut Eddy Saputra sebagai Deputy racing Committee MotoGP Indonesia, kekuatan marshal yang ada saat ini sudah memadai. Ada 350 marshal lokal yang siap bertugas di event MotoGP Indonesia. Harapannya dengan keberadaan marshal lokal terlatih dan perlengkapan yang sesuai standar, event MotoGP akan berlangsung lancar, dan Mandalika jadi daya tarik buat event-event akbar berikutnya.


Bagi pecinta dunia balap, jadi marshal lokal bisa jadi pride tersendiri nih. Gimana nggak, lo bisa berada di sirkuit dan bisa jadi berinteraksi langsung sama jagoan-jagoan balap dari berbagai negara. Misal ada kesempatan jadi marshal lokal, lo bakal tertarik gak bro? Jawab di kolom komentar ya bro! Jangan lupa share artikel ini biar MLDPOINTS lo bertambah.

Comments
Pramada Adib
good job................
Fatoni Adi Putra
Mantap biar orang indonesia makin pro