Trending
Senin, 10 Mei 2021

Istilah BNIB di Dunia Sneakers: Ini Fakta yang Harus Lo Ketahui!

  • Share
  • fb-share
Istilah BNIB di Dunia Sneakers: Ini Fakta yang Harus Lo Ketahui!

Kalo lo suka berburu sneakers secara online, lo mungkin bingung sama istilah dalam dunia sneakers, seperti BNIB. Buat yang masih awam dan kurang familiar, pasti bakal kebingungan dengan maksud dari istilah tersebut.

BNIB sendiri merupakan singkatan dari Brand New In Box - artinya, barang yang dijual sama seperti barang yang ada di toko resmi dan masih lengkap dengan kardus kemasannya. Lain halnya dengan DS atau Deadstock digunakan buat sepatu yang nggak pernah digunakan oleh pemiliknya. Meskipun box-nya udah kebuka, tapi barangnya masih baru.

Nah, kalo lo penggemar sneakers dan sering berbelanja sepatu, lo berada di artikel yang tepat. Kali ini, MLDSPOT bakalan bahas hal menarik seputar istilah-istilah di dunia sneakers, check this out!

Detail pada Kardus Sepatu

BNIB

Credit image - Unsplash

Istilah ini dipakai untuk memberi tau sepatu masih baru dan terbungkus rapi di dalam boks aslinya. Original BNIB adalah barang asli yang sama sekali belum dikeluarkan dari kardusnya, gress dari pabrik.

Singkatan ini juga berguna untuk mengetahui apakah sneakers yang jual original atau nggak. Kalo udah BNIB, mau made in Indonesia, China, Vietnam, Kamboja, dan India udah pasti original, bro.

Buat lo yang belum tau - cara membedakan sneakers asli dan palsu yaitu, lo bisa cek detail yang tertulis di kardus. Hal ini tentu hanya berlaku buat lo yang membeli langsung dari toko. Misalnya lo membeli sneakers Nike di toko retail. Lo dapat melakukan pengecekan seri dan semua yang tertulis di laman resmi Nike.

Apakah sepatu tersebut benar diproduksi oleh Nike atau bukan? Kalo bukan, sebaiknya jangan dibeli dulu, lebih baik bersabar sebentar buat membeli yang asli. Meskipun mahal, barang asli pasti bakal lebih awet dibandingkan dengan barang palsu, tetapi lebih mudah rusak.

Kondisi Sepatu Masih Baru

Istilah BNIB nggak cuma digunakan dalam dunia sneakers aja, tapi juga dalam penjualan barang elektronik seperti laptop, smartphone, ataupun gadget lainnya. Biasanya, yang menyertakan keterangan BNIB ini adalah penjual perseorangan yang hanya punya unit terbatas.

Umumnya, barang satuan yang dijual tersebut adalah barang yang “salah beli”, atau bisa juga barang hadiah yang nggak terpakai. Hingga si orang itu memutuskan untuk menjualnya aja dalam keadaan baru dan belum dibuka box-nya.

Hal itu membuat keaslian dari barang yang ada di dalamnya tetap terjaga, bro. Makanya, jangan heran kalo mereka yang menjual barang BNIB bakal sedikit sulit untuk diajak bernegosiasi, khususnya untuk urusan harga. Karena memang kondisinya berbeda dengan barang bekas yang udah dipakai.

Kebalikan dari BNWB

BNIB

Credit image - Kissmiklos.com

Sedangkan BNWB merupakan kebalikan dari BNIB. Biasanya penjual menggantikan box asli sepatu dengan box lain karena beberapa hal seperti barang hasil bocoran atau sampel yang dijual batangan, sehingga penjual juga terpaksa menukar box dengan yang lain. Meskipun begitu produknya masih tetap baru dan bukan barang second.

Tapi, ada baiknya lo cari tau dulu track record toko online sepatu yang menjual barang dengan istilah BNWB ya, karena walaupun ini bukanlah istilah yang digunakan untuk sebuah penipuan, tapi tetap aja banyak toko online yang nggak terpercaya, kan?

Nah, buat lo pecinta sneakers lo juga harus mengerti istilah-istilah yang ada pada tiap bagian sneakers. Jangan karena nggak teliti atau nggak mengerti dengan informasi yang diberikan oleh penjual, lo malah merasa tertipu padahal lo yang belum paham dengan kondisi barang yang dibeli. So, menjadi pembeli yang detail oriented memang sangat diperlukan, supaya sneakers lo sesuai dengan yang lo inginkan, bro.

 

 

Featured image - Themanual.com

 

 

 

Comments
Mimin Mandalawati
Sepatu berkelas tuh
Epul Saepuloh
Thanks artikelnya