Trendings
Kamis, 29 April 2021

Jangan Sampai Bisnis Lo Kena Brand Fatigue, Kenali Cara Marketing yang Baik!

  • Share

Pernah nggak sih lo ngerasa annoying dengan iklan ataupun promosi dari sebuah produk atau brand tertentu yang membuat lo jadi merasa terganggu dan rasanya malah nggak kepengen beli atau menggunakan jasa itu sama sekali?

Istilah yang paling tepat untuk menggambarkan fenomena ini merupakan brand fatigue. Perasaan ini emang wajar banget lo rasakan. Tapi masalahnya – hal ini bermasalah banget buat produk atau brand terkait.

Biar promosi lo nggak gagal dan kena brand fatigue – lebih baik lo mengetahui lebih dalam tentang hal ini dulu sebelum tau gimana cara menanganinya. Nggak usah berlarut-larut, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Kenali dulu Brand Fatigue

Brand Fatigue

Credit image – Ball Egleston

Brand fatigue merupakan istilah yang biasa digunakan pada marketing ketika pesan yang diberikan ke calon konsumennya menjadi terlalu banyak dan akhirnya nggak ditangkap oleh calon konsumen – justru malah membuat konsumen menjadi nggak nyaman.

Fenomena yang terjadi dalam waktu yang cukup lama bagi para konsumennya ini secara nggak langsung bakal bikin brand kesulitan untuk melakukan promosi ke depannya. Dengan pesan yang terlalu banyak ini nantinya akan membuat calon konsumen atau bahkan konsumen melakukan brand switching – nantinya akan berpengaruh pada kehilangan konsumen.

Hal yang Menyebabkan Brand Fatigue

Sebelumnya, lo juga harus mengetahui dulu – kenapa sih brand fatigue bisa terjadi? Hal ini bisa dikarenakan brand kekurangan inovasi dan nggak bisa tap-in ke tren yang saat ini diminati oleh pasar. Mengingat tiap pasar punya trennya masing-masing, mungkin juga hal ini juga bisa terjadi karena tren yang digunakan untuk tren yang salah, bro!

Selain itu – karena cara marketing yang salah dengan terlalu sering promosi juga bisa jadi hal yang membuat konsumen maupun calon konsumen jadi brand switching. Karena annoying dengan promosi yang muncul – akhirnya mereka mengabaikan promosi yang ada dan jadi nggak efektif lagi.

Mengingat sekarang media sosial mengajak lo untuk jadi lebih inovatif, pastikan lo menentukan strategi marketing yang benar ya, bro!

Hindari Brand Fatigue dengan Cara Ini!

Brand Fatigue

Credit image – Brand Strategist

Salah satu pertanda munculnya brand fatigue bagi brand di media sosial saat ini adalah berkurangnya engagement rate yang dihasilkan karena marketing di platform yang salah. Untuk menghindari hal ini, lo bisa menerapkan strategi marketing yang berbeda-beda di setiap platform sosial media yang digunakan.

Untuk menghindari hal ini, lo perlu menganalisis lebih dalam mengenai promosi yang udah berhasil dijalankan oleh brand lain maupun promosi-promosi lo sebelumnya.

Selain itu, lo juga harus berfokus pada pesan yang akan disampaikan – hal ini bisa ditentukan dengan tepat kalau lo udah analisis. Mengolah konten promosi dengan pesan yang tepat pastinya akan bikin konsumen jadi lebih tertarik.

Kalo hal ini dilakukan dengan tepat, pastinya produk atau brand lo nggak akan mengalami brand fatigue deh!

Suara Konsumen juga Perlu Didengar, Bro!

Sebelum membuat konten, ada baiknya lo juga melakukan riset pasar dari para konsumen yang udah berlangganan dengan produk atau brand lo. Lakukan hal yang sama juga dengan para calon konsumen – apa sebenarnya yang mereka harapkan dari produk atau brand lo?

Dengan mendengar apa yang diminati dan diharapkan oleh konsumen, lo juga bisa membuat kepercayaan dengan mudah. Kalo hal ini dilakukan dengan baik, pastinya para konsumen nggak akan melakukan brand switching deh!

Nggak cuma itu – kalo semua hal dilakukan dengan baik, nantinya lo akan menciptakan brand loyalty pada konsumen. Wah, siapa sih yang nggak mau sih dapetin hal ini?

Karena sekarang lo udah tau hal-hal yang membuat bisnis lo terhindar dari brand fatigue, pastikan lo melakukan semua step dengan tepat ya, bro!

 

Feature image – Every Pixel

Comments

perlu dan penting diketaui
oke juga nih