Trending
Senin, 10 Mei 2021

Kantor Lo Berkonsep Open Plan? Biar Lebih Fokus, Lo Harus Punya 5 Barang Ini!

  • Share

Jenis tata ruang kantor ada berbagai macam, mulai dari tata ruang kantor terbuka, tertutup, berpanorama, hingga campuran. Salah satu tata ruang kantor yang paling populer saat ini adalah terbuka atau open plan.

Konsep ini cukup umum digunakan para arsitek, kalo dari sisi estetika, ada beberapa ciri-cirinya, mulai dari memiliki aliran udara, cahaya dan juga sirkulasi yang lebih bebas mengalir karena nggak terhalang dinding.

Pengertian open plan sendiri mengacu kepada sebuah rumah atau kantor yang ruangannya sering dipakai bersama nggak menggunakan dinding yang bersifat permanen. Jadi, fungsi tiap area dalam ruangannya bisa dimaksimalkan dan fleksibel penggunaannya sesuai kebutuhan.

Kalo lo bekerja di perusahaan rintisan atau startup, pasti udah familiar dengan tata ruang kantor yang satu ini. Banyak startup yang mengaplikasikan ruang kantor terbuka karena dianggap lebih dinamis dan bisa meningkatkan kinerja karyawan. Apakah kantor lo menyusun konsep open plan juga, bro? Kalo iya, MLDSPOT bakal kasih tau barang-barang apa yang harus lo bawa saat bekerja. Simak di sini.

Earphone untuk Menjaga Konsentrasi

Open Plan Office

Credit image -  Digitalspy.com

Seperti namanya, jenis tata ruang kantor yang terbuka nggak ada sekat pemisah di setiap ruangannya. Suasana ruangan dan suara bising tentunya bikin lo nggak fokus kerja. Supaya konsentrasi lo tetap terjaga, barang yang lo wajib bawa yaitu earphone - mendengarkan musik bisa bikin lo lebih enjoy saat mengerjakan tugas dan membuat lo tetap fokus untuk bekerja.

Sweater Berbahan Tebal

Mungkin lo bekerja di ruangan AC yang dingin - ketika baru datang dan masuk ke dalam kantor,  lo bakal merasakan suasana yang sejuk dan nyaman. Tapi, kalo udah berlama-lama di dalam ruangan AC, pasti lo juga bakal mengeluh karena temperatur ruangan yang dingin. Jadi, jangan lupa membawa baju hangat atau sweater supaya lo bisa tetep nyaman bekerja ya, bro.

Taruh Aksesoris di Meja Kerja  

Meski sifatnya hanya aksesori, namun benda ini bisa bikin meja kantor lo lebih tertata sekaligus tampak menarik. Meja yang rapi bakal mempengaruhi kinerja di kantor dan merangsang lo lebih fokus dalam mengerjakan tugas kantor. Biar makin semangat saat kerja, lo bisa juga simpan foto-foto orang yang paling disayang, tanaman hias, planner book, dan menatanya di meja kerja lo.

Stay Hydrated While Working

Open Plan Office

Credit image - Waterlogicaustralia.co.au

Tumblr atau tempat minum adalah barang penting yang wajib dibawa saat bekerja, lo bisa mencukupi kebutuhan air lo biar bisa fokus dan nggak dehidrasi. Lo bisa bekerja saat lapar, namun bakal sulit berkonsentrasi saat haus.

Selain itu, minum air yang cukup ternyata bisa bantu lo bekerja 14% lebih produktif. Ini menurut penelitian dari University of East London. Karena otak sangat memerlukan air untuk bisa bekerja dengan baik. So, tetap penuhi kebutuhan minum lo dengan selalu membawa botol minum saat bekerja ya.

Power Bank Selalu di Dalam Tas

Sepaket dengan handphone, charger juga harus dibawa agar battery handphone lo tetap terisi. Jangan sampai handphone lo mati saat diperlukan sehingga mengganggu kinerja di kantor. Dua barang ini, memang harus selalu dibawa dalam tas, supaya smartphone lo juga on terus dan bisa catch up E-mail pekerjaan, kapanpun dan dimanapun.

Kalo memang diperlukan, lo juga bisa membeli charger cadangan yang disimpan di kantor sehingga nggak perlu ribet membawa banyak barang. Jadi, persiapkan dengan baik barang-barang sebelum berangkat kantor ya, bro.

Itu dia barang-barang yang wajib lo bawa ketika pergi ke kantor. Supaya nggak ada barang yang ketinggalan, lo bisa bangun lebih pagi buat mempersiapkan kebutuhan kerja seperti bekal, dan menyiapkan alat lainnya, bro. Happy working!

 

 

Featured image - medium

 

 

 

 

Comments

Infonya bagus
Yahuiii mantap