Trending
Kamis, 14 Juli 2016

Pokemon GO, Cukup 4,5 Jam untuk Jadi Aplikasi Nomor 1 di Dunia

  • Share
  • fb-share
Pokemon GO, Cukup 4,5 Jam untuk Jadi Aplikasi Nomor 1 di Dunia

Pokemon GO sekarang menjadi salah satu game yang paling sering dimainkan di seluruh dunia, walaupun tergolong masih baru. Nggak hanya di Indonesia, di Amerika Serikat, Inggris dan belahan negara lain demam Pokemon GO sudah melanda. Walaupun di Indonesia sendiri belum resmi, sudah banyak orang yang sukses memainkannya. Sedangkan di Amerika Serikat Pokemon GO diluncurkan pada tanggal 11 Juli 2016 dan hanya butuh waktu 4,5 jam setelah peluncuran Pokemon GO jadi aplikasi nomor 1 di App Store. Sedangkan di Google Play Store, aplikasi ini mengalahkan Clash Royale. Bagaimana mungkin?

 

Nintendo sudah mengumpulkan data sejak 20 tahun yang lalu

Sang creator Pokemon GO Roger James Hamilton menjelaskan, bahwa kesuksesan besar aplikasi ini nggak dibangun dalam satu dua tahun. Roger menjelaskan pihaknya telah mengumpulkan data sejak 20 tahun yang lalu. Tahun 2006 ketika Pokemon Diamond and Pearl keluar, penggunanya masih berusia 20 tahun kebawah. Tetapi ketika tahun 2012 sejak munculnya Pokemon Black and White, rata-rata pengguna sudah mulai terlihat dari 20 tahun sampai 30 tahun. Dari statistik ini yang membuat Niantic, sang developer berani mengeluarkan Pokemon GO.

 

Rata-rata orang akan mengeluarkan 0,99 dolar untuk Pokemon GO

Pokemon GO adalah aplikasi yang gratis tapi mendukung app in purchase, jadi lo bisa bermain tanpa perlu mengeluarkan uang, tapi jika ingin mendapatkan beberapa items lo harus beli. Tentu dari sekian ratus ribu orang yang men-download, pasti ada beberapa orang yang membeli items berbayar dari Pokemon GO. Nah website Bloomberg mengatakan, jika dirata-rata orang yang rela mengeluarkan uang, maka setiap pengguna bisa mengeluarkan 0,99 dolar atau sekitar 12 ribu rupiah. Jika ada 100 ribu orang yang mengeluarkan yang download, maka Nintendo ini mendapatkan 1,2 miliar rupiah. Itu hanya 100 ribu dan 0,99 dolar, bagaimana jika jumlahnya terus naik?

Game yang dulunya sangat booming di Game Boy, sekarang sudah terkenal di Smartphone dan berbagai kalangan. Bagaimana Urbaners, walaupun Pokemon GO adalah game yang cukup jadul, tetapi kenyataanya, hampir semua orang entah anak muda atau orangtua masih memainkan game ini. Tim mana yang apa lo pilih di Pokemon GO?

 

Source: Bloomberg.com, theverge.com

Comments
Epul Saepuloh
Seru keknya
Elizabeth
Games ink biaa utk tua dan muda