Trending
Selasa, 02 Februari 2021

Kenali Sifat Konten di Sosial Media: Semakin Orisinil, Semakin Diminati

  • Share

Beberapa tahun ke belakang, sosial media masih dipandang sebagai hal yang nggak penting, lambat laun akhirnya menjadi kebutuhan hidup – lebih tepatnya dalam mengakses informasi. awalnya mungkin nggak terasa, tapi sekarang nggak bisa dipungkiri kalau berada dalam sosial media sudah menjadi keharusan.

Konten udah jadi supply sehari-hari kita dalam memenuhi keperluan informasi ini. Ternyata, semakin berkembangnya kebutuhan informasi, konten sosial media yang dibutuhkan juga berbeda. Kalau lo memang content creator, hal ini pasti udah nggak asing lagi buat lo.

Salah satu hal yang paling menonjol dari kemajuan teknologi dan memenuhi kebutuhan informasi ini membuat para content creator berlomba-lomba menciptakan konten yang paling menarik.Tapi sebenarnya konten sosial media seperti apa sih yang disukai oleh netizen? Selengkapnya, simak artikel di bawah ini ya, bro!

Semakin Otentik, Semakin Menarik

Menciptakan konten Sosial Media yang otentik? Simak di sini caranya, bro!

Credit image – Monaco Edu

Informasi yang dibutuhkan oleh netizen sebenarnya nggak muluk-muluk – hanya sebatas informasi yang paling up-to-date dan reliable. Pastinya semakin konten lo otentik, akan semakin menarik dan diminati di media.

Tapi sebenarnya – konten yang otentik itu seperti apa?

Konten yang otentik adalah konten paling orisinil yang disediakan oleh media. Semakin orisinil konten, para pengonsumsi konten akan semakin menarik dan menjadikan berita tersebut sebagai informasi yang tepat.

Menciptakan Konten yang Orisinil

Konten yang menarik emang nggak mudah dibikin, apalagi yang orisinil. Menciptakan konten yang orisinil memerlukan proses yang cukup panjang juga. Informasi pun nggak melulu soal berita terkini, bisa jadi tren, humor, fashion, dan lain-lain.

Untuk lebih mudahnya, dalam menciptakan konten yang orisinil lo harus mengenali pasar dari siapa yang akan mengonsumsi konten. Setelah mengetahui konsumen, lo bisa mencoba untuk melakukan riset tentang apa yang sedang tren dalam pasar konsumen itu.

Setelah itu, lo bisa nge-breakdown sendiri apa yang sedang diminati, lalu mencoba untuk buat konten dengan hasil riset yang telah lo temukan. Untuk menjadi orisinil, memang memerlukan effort yang cukup tinggi – jadi, jangan sampai riset yang ditemukan salah ya, bro!

Kehadiran TikTok Membuat Orisinalitas Semakin Tinggi

Menciptakan konten Sosial Media yang otentik? Simak di sini caranya, bro!

Credit image - Geekwire

Semenjak era new normal ini, TikTok menjadi salah satu aplikasi yang paling diminati karena orisinilitas konten yang disediakan oleh para penggunanya. Orisinalitas disini nggak cuma konten mengenai dirinya sendiri, melainkan konten yang sudah di up di media lain, namun disajikan dengan cara yang berbeda.

Hal ini memang jadi variasi konten baru bagi para pengguna sosial media. Konten sosial media dengan orisinalitas ini menjadi hal yang menarik. Dalam menyajikan hal yang menarik, lo membutuhkan berbagai cara dalam menyampaikannya.

Kalau memperhatikan, konten di TikTok seringkali tidak memiliki kualitas yang baik – tapi yang pasti, konten di TikTok disukai karena keunikan dan otentiknya.

Didukung dengan Visual yang Menarik

Setelah breakdown dari hasil riset, berarti lo sudah menemukan rangkaian dari kerangka yang jelas untuk konten yang akan dibuat. Sebuah konten yang menarik pastinya akan didukung dengan visual yang juga menarik.

Nggak mudah menuangkan sebuah konsep konten ke dalam visual, maka dari itu dalam membuat kerangka konten pun harus di develop dengan lebih jelas. Visual dalam hal inipun bukan hanya foto atau video – seperti yang ada di TikTok, lo bisa menggabungkan berbagai cara dalam menyajikan konten sosial media yang menarik.

Memang sedikit tricky dalam menyajikan konten sosial media. Semakin banyak belajar, membaca, dan melakukan riset, nantinya akan terbentuk ritme sendiri dalam menyajikan konten sosial media. Tapi yang perlu ditekankan – jangan sampai memberikan informasi atau berita bohong dalam konten sosial media lo ya, bro!

 

Feature image – On Blast Blog

 

Comments

No one has commented yet. Be the first to comment on this article!