Trending
Jumat, 16 September 2016

Kisah Ikan Napoleon yang Harganya Bisa 1 juta per Kilo di Luar Negeri

  • Share
  • fb-share
Kisah Ikan Napoleon yang Harganya Bisa 1 juta per Kilo di Luar Negeri

Mungkin hanya ikan sirip kuning yang mempunyai harga yang sama dengan Ikan Napoleon ini. Ikan Napoleon ini sebenarnya bernama asli Cheilinus Undulatus, tetapi disebut Napoleon karena memiliki bentuk kepala seperti poni dari pemimpin milter Perancis yang sangat terkenal yaitu Napoleon Bonaparte (1769-1821). Napoleon ini mempunyai rambut khas yaitu agak jambul ke depan, dengan ciri khas tersebut Napoleon sangat mudah dikenali karena memiliki strategi yang mematikan.

Ikan Napoleon ini adalah ikan yang berukuran sangat besar dan hidupnya bisa mencapai 30 tahun, bahkan beberapa ikan Napoleon ini ditemukan sampai berumur 35 tahun. Pada tahun 2015 kemarin, ikan Napoleon ini menjadi buah bibir karena Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melarang penjualan ikan Napoleon secara bebas. Sebenarnya apa keistimewaan dari ikan Napoleon ini?

 

Ikan Napoleon dijual 1 juta per kilo di Hong Kong

Tepatnya di Hong Kong, ikan Napoleon ini mendapatkan tempat yang sangat spesial. Bahkan saking spesialnya, ikan Napoleon ini hanya disajikan pada acara-acara tertentu. Misalnya acara ulang tahun, pesta pernikahan sampai perayaan keluarga. Harga dari ikan Napoleon ini mencapai 1 juta dan disinyalir dapat meningkatkan drajat orang yang memakannya.

Cara memasak ikan Napoleon di luar negeri memang bermacam-macam. Mulai dari direbus, digoreng bahkan sampai dibakar. Nah ada khasiat khusus dari mulut ikan Napoleon, yaitu bisa menambah vitalitas pria. Jadi wajar banyak sekali pemesan dari luar negeri untuk ikan Napoleon.

 

Menteri Susi melarang penjualan ikan Napoleon

Sebenarnya nggak ada salahnya para nelayan untuk menangkap ikan Napoleon ini menggunakan jaring ataupun pancing. Tetapi yang menjadi masalah adalah banyak sekali nelayan yang menangkap ikan Napoleon ini menggunakan bom. Jadi selain merusak ekosistem laut, beberapa terumbu karang juga rusak. Karena ikan Napoleon ini hidup di dekat terumbu karang.

Ikan Napoleon ini biasanya ditemukan di perairan Kepulauan Natuna, di daerah Riau, tepatnya di laut Natunta.

 

Source: detik.com

Comments
Sandi Widiyantoro
In Java we call "Iwak Lohan"
Hamzah
Mantaaaaaaaap