Trending
Senin, 18 Januari 2016

Laddu Raksasa Pecahkan Guinness World Record

  • Share
  • fb-share
Laddu Raksasa Pecahkan Guinness World Record

Ada-ada aja cara yang dilakukan orang-orang agar bisa tercatat dalam daftar Guinness World Record, mulai dari angkat beban, jumlah makanan yang dikonsumsi dalam waktu tertentu, hingga jarak melempar telur paling jauh. India rupanya nggak mau kalah untuk menciptakan rekor serupa, Urbaners. Tahun lalu, mereka berhasil membuat makanan khas negara mereka dengan total berat mencapai lebih dari 8.000 kg. Wow!

 

Langganan Pecahkan Rekor

Pada bulan September 2015 lalu, sebuah toko manisan bernama Sri Bhaktanjaneya, yang terletak di kota Tapeshwaram, India, membuat laddu seberat 8.369 kg. Laddu merupakan salah satu makanan khas India yang memiliki cita rasa manis. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai sweetmeat.

Pembuatan laddu raksasa tersebut merupakan bentuk partisipasi Sri Bhaktanjenaya dalam perayaan tahunan festival Ganpati di kota Vishakhapatnam. Rupanya, toko manisan tersebut sudah memecahkan Guiness World Record melalui pembuatan laddu sejak tahun 2011. Tahun lalu, mereka membuat laddu dengan berat sebesar 7.885 kg.

 

Biaya Ratusan Juta

Namanya juga makanan raksasa, tentu biaya yang dibutuhkan nggak sedikit. Untuk tahun 2015, pembuatan laddu tersebut membutuhkan total biaya kurang-lebih mencapai $25,000 atau kira-kira sebesar 345 juta rupiah. Resepnya terdiri dari 2.300 kg tepung, 2.700 kg gula, 2.000 kg mentega, 700 kg gula batu, 800 kg kacang campuran, dan 70 kg kapulaga. Sebagai tambahan, toko Sri Bhaktanjaneya juga menyiapkan laddu sebanyak 6.300 kg untuk dikonsumsi saat festival Ganpati.

 

Makanan Wajib Festival

Pemilihan laddu sebagai jenis makanan yang digunakan untuk memecahkan Guinness World Record sebenernya nggak begitu mengherankan, Urbaners. Di India, laddu memang selalu disiapkan untuk perayaan festival dan acara-acara keluarga. Ia juga dijadikan sebagai salah satu makanan persembahan di beberapa candi Hindu. Beberapa komunitas muslim di sana juga menjadikan laddu sebagai salah satu makanan manis wajib saat Idul Fitri.

Kira-kira, toko Sri Bhaktanjenaya bakal kembali membuat laddu raksasa untuk tahun 2016, nggak, ya? Nggak bisa ngebayangin seberat apa beban laddu yang bakal diusung oleh mereka, Urbaners. Kita tunggu sama-sama di festival Ganpati tahun 2016!

 

Source: mashable.com, en.wikipedia.org, gemsbakers.com

Comments
Ricko Pratama Putra
Langganan Pecahkan Rekor
nicolas filbert tandun
Laddu merupakan salah satu makanan khas India