Trending
Jumat, 03 Juli 2020

Lakukan Detoks Media Sosial dengan 5 Cara Ini

  • Share

Terlalu lama diam di rumah bisa bikin lo terlalu sering bermain media sosial (medsos). Sebenarnya nggak ada salah dengan bermain medsos, tapi kalau lo sudah scrolling timeline hingga pekerjaan lo jadi terbengkalai atau terlambat tidur karena keasikan scrolling, ini tandanya lo berlebihan.

Kalau sudah seperti ini, ada baiknya jika lo melakukan detoks media sosial. Dengan detoks ini, lo bisa jadi punya kesempatan untuk fokus ke pekerjaan dan punya ritme aktivitas yang lebih sehat, nggak melulu di media sosial.

 

Periksa Durasi Penggunaan Aplikasi

Tampilan aplikasi Instagram di smartphone

Langkah detoks media sosial yang pertama adalah dengan mengecek terlebih dahulu apakah lo termasuk heavy user atau bukan. Berapa banyak lo menghabiskan waktu dalam sehari untuk mengakses medsos? Kalau lo menghabiskan waktu sekitar 3-4 jam dalam sehari untuk bermain medsos, berarti lo sudah termasuk heavy user.

Beberapa media sosial, Instagram salah satunya, punya fitur yang bisa memberitahu berapa lama lo menghabiskan waktu di sana. Selain memanfaatkan fitur bawaan dari media sosial, lo juga bisa gunakan aplikasi third party yang bisa memberitahu informasi screen time lo. Salah satu aplikasi yang bisa lo coba adalah Moment – Screen Time Tracker yang tersedia di Android maupun iOS. Khusus buat lo pengguna iPhone (iOS), lo juga bisa memanfaatkan Screen Time, aplikasi monitoring screen time bawaan iOS.

 

Atur Waktu Penggunaan

Seseorang memegang smartphone yang menampilkan stopwatch

Setelah dicek dan lo termasuk heavy user, berarti sudah saatnya detoks dengan mengatur waktu penggunaan media sosial. Lo bisa lakukan dengan mengatur daily reminder pada aplikasi medsos tersebut, bisa juga dengan meng-install aplikasi yang punya fitur pembatasan. Aplikasi tersebut akan dengan otomatis menutup aplikasi yang sudah melebih durasi screen time yang sudah lo atur sebelumnya. Aplikasi seperti ini salah satunya adalah Freedom yang bisa lo unduh di Android juga iOS.

 

Coba Hapus Aplikasi Media Sosial

Tampilan menu pilihan uninstall aplikasi di smartphone 

Cara detoks media sosial yang satu ini memang terbilang cukup ekstrim, namun nyatanya cukup efektif juga untuk mengembalikan fokus lo. Hapus aplikasi medsos tersebut (bukan menghapus akun) dan tentukan waktu selama berapa lama lo akan “berpuasa”. Lo bisa mulai dengan waktu-waktu singkat, seperti tiga hari. Lalu berikutnya lo coba seminggu dan sebulan. Beberapa orang bahkan ada yang berhasil detoks selama setahun penuh lho!

 

Perbanyak Obrolan

Seorang pria tampak mengobrol lewat smartphone

Kebanyakan orang gagal melakukan detoks media sosial karena nggak memiliki aktivitas pengganti lainnya. Waktu senggang yang biasanya lo pakai untuk main medsos bisa lo alihkan menjadi waktu mengobrol dengan orang rumah atau menghubungi teman yang nggak bisa lo temui karena pandemi ini. Manfaatkan waktu detoks lo untuk terhubung dengan orang-orang terdekat lo.

 

Beri Jeda Waktu

Seorang pria sedang tertidur dengan smartphone diletakkan di meja

Cara terakhir adalah beri jeda waktu pemakaian media sosial, yaitu komit menetapkan batas waktu untuk bermain medsos. Cara detoks yang satu ini memang nggak begitu ekstrim, jadi bisa mulai lo terapkan dalam rutinitas sehari-hari. Misalnya, lo bisa membuat rules untuk hanya main medsos di jam istirahat kerja saja atau nggak boleh lebih dari jam 10 malam.

 

 

 

Sources: Good House Keeping, HelloSehat, JPNN

Comments

No one has commented yet. Be the first to comment on this article!