Trending
Rabu, 06 Mei 2020

Lancar dan Aman, 3 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Selain Zoom

  • Share
  • fb-share
Lancar dan Aman, 3 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Selain Zoom

Setelah marak pemberitaan bahwa aplikasi video conference yang sempat naik daun, Zoom, menjual data penggunanya ke dark web, nggak heran kalau orang-orang belakangan ini jadi semakin waspada. Walau informasinya masih simpang siur, antara kebocoran sistem keamanan dari Zoom atau benar dijual, yang jelas tidak ada pengguna Zoom yang ingin informasi serta data diri mereka diretas oleh pihak luar.

Wajar saja kalau orang-orang mulai mencari alternatif lain untuk tetap bisa melakukan video conference dengan aman. Tenang! Masih ada banyak aplikasi online lainnya yang bisa lo manfaatkan untuk melakukan meeting virtual selama work from home. Lo bisa melakukan interview atau briefing dengan klien. Ini dia beberapa aplikasi di antaranya.

 

Google Hangouts Meet

Tampilan video conference dengan Google Hangouts Meet

Google Hangouts Meet jelas bukan pemain baru dalam hal menyediakan fitur untuk kebutuhan video conference. Namun, karena sifatnya yang berbayar dan cukup mahal, nggak heran kalau posisinya sempat digeser oleh Zoom. Meski hal ini tampaknya nggak akan bertahan lama. Hal ini karena pihak Google baru saja resmi mengumumkan akan menggratiskan platform mereka yang satu ini hingga 1 Juli 2020.

Ini berarti lo bisa memanfaatkan Google Hangouts Meet buat keperluan kantor. Dalam sekali panggilan video conference, aplikasi dari Google ini mampu menampung hingga 250 peserta, Bro. Belum lagi fitur streaming yang bisa ditonton hingga 100.000 penonton dalam domain. Selain itu, Google juga menyediakan fitur merekam video conference yang akan tersimpan otomatis ke dalam Google Drive. Lo bisa meeting dengan fokus tanpa harus repot-repot mencatat.

 

Jitsi

Tampilan video conference dengan menggunakan Jitsi

Kalau lo mau mencari atau lebih memilih memakai aplikasi video conference yang gratis, lo bisa pakai Jitsi. Platform ini sudah dipastikan aman. Fungsi dan fiturnya pun nggak jauh berbeda dengan yang biasa lo pakai saat mengakses Zoom. Kompatibel juga untuk dipasang di beberapa perangkat yang lo punya, biar lebih nyaman saat akan melakukan video conference.

Jitsi nggak mengharuskan lo untuk membuat akun, aplikasi video conference ini dapat lo gunakan untuk panggilan pribadi atau keperluan kantor. Panggilan dapat lo lakukan dengan mengakses situs resmi Jitsi Meet dari browser perangkat yang hendak lo pakai. Dengan aplikasi ini juga, lo dimungkinkan untuk berbagi layar,dan ngobrol di ruang obrolan khusus.

 

Microsoft Team

Tampilan video conference dengan menggunakan Microsoft Team

Sama seperti Google, aplikasi video conference yang satu ini berasal dari brand raksasa teknologi, Microsoft. Aplikasi ini kompatibel dengan semua perangkat, memiliki pilihan pemakaian secara gratis dengan fitur terbatas, juga pilihan untuk pemakaian secara berlangganan dengan fitur-fitur premium.

Microsoft Team ini menyiapkan fitur-fitur profesional yang cocok dipakai buat lo yang punya janji meeting dengan klien-klien penting. Fitur penjadwalan panggilan dan pertemuan, serta berbagi data dan file juga dilengkapi oleh Microsoft. Pelanggan aplikasi ini juga akan mendapat akses perangkat lain, yakni Office 365. Lo bisa mengakses Word, PowerPoint, dan Excel dalam forum berbagi layar saat sedang melakukan video conference.

Bagaimana menurut lo? Sudah adakah aplikasi video conference yang cocok dengan kebutuhan lo selama melakukan work from home? Sesuaikan dengan kebutuhan lo juga di kantor, sekiranya aplikasi mana yang paling cocok untuk lo gunakan bersama rekan kerja.

 

 

Sources: Time, CNBC, Tek.ID

 

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
John Hutabarat
noted, thank you