Trending
Rabu, 14 April 2021

Manfaat Kopi Meningkatkan Produktivitas: Ini Kenapa Bisa Boost Energi!

  • Share

Mau pecinta kopi yang minum kopi setiap hari ataupun penikmat kopi yang kalo lagi pengen doang, lo setuju nggak sih kalo ada yang bilang minum kopi bisa nambah energi?

Setuju atau nggak, faktanya kopi emang bisa nambah energi. Manfaat kopi yang satu ini emang seringkali dijadiin alasan bagi orang-orang yang minum kopi – katanya sih biar nambah produktivitas.

Nambah energi dan produktivitas cuma salah satu dari manfaat kopi yang sebenarnya ada banyak banget. Meskipun harus sesuai takaran, minum kopi dengan cara yang tepat punya banyak manfaat, bro!

Kalo mau buktiin sendiri manfaat dari kopi untuk produktivitas sehari-hari, langsung aja simak artikel selengkapnya di bawah ini, bro!

Cara Kerja Kopi Sebenarnya

Manfaat Kopi

Credit image - IWMBuzz

Sebelum minum kopi yang tepat, lo harus mengetahui lebih dulu – gimana sebenarnya cara kerja kopi yang bikin jadi produktif dan menambah energi?

Hal itu dikarenakan dari setiap kopi yang diminum paling nggak mengandung 6mg kafein yang terdapat pada satu roasted bean. Kafein inilah yang berfungsi untuk menyerap zat kimia – yang juga disebut Adenosin. Zat kimia yang ada dalam tubuh ini bisa memicu tanda lelah di otak lo. Sedangkan fungsi kafein adalah menyerap zat tersebut dan bikin zat kimia jadi nggak numpuk.

Dengan pergantian zat kimia yang diproduksi dalam tubuh dan digantikan dengan kafein ini, akhirnya lo bisa merasa lebih produktif dan juga punya tenaga lebih seketika. Kafein akan bekerja sekitar 25 menit setelah lo minum kopi.

Untuk menjadikan kopi sebagai booster, lo juga perlu memerhatikan cara penyajian dan juga minum kopi dengan cara yang tepat ya!

Kesalahan Fatal: Jangan Minum Kopi pas Baru Bangun, Bro!

Manfaat Kopi

Credit image - One Percent Better

Pasti banyak dari lo yang merasa minum kopi di pagi hari bisa bikin hari lo lebih bersemangat dan juga boost energi. Tapi apakah lo tau – kalo minum kopi pas baru bangun tidur bukanlah hal yang tepat!

Seorang ahli diet bernama Anar Allidina, mengemukakan kalo puncak produksi hormon stres atau yang dikenal dengan hormon steroid bisa membantu mengurangi stres secara efisien pada jam 8 hingga 9 di pagi hari.

Dari penjelasan tersebut, artinya lo nggak butuh kafein untuk membuat energi lo menjadi lebih banyak ataupun me-release atau reduce stres yang ada dalam tubuh – karena ternyata tubuh udah punya penangkal otomatisnya duluan di jam-jam itu!

Ada baiknya, lo tetap harus minum air putih dulu ketika baru bangun. Karena kalo lo tetep minum kopi di pagi hari – selain nggak ada gunannya, lo juga menghambat zat yang diproduksi oleh diri lo sendiri!

Seimbangkan, Karena Lo Butuh Terhidrasi Terus!

Seperti apa yang udah disebutkan di atas, lo harus tetap minum air putih untuk menyeimbangkan hal yang ada di dalam diri lo dan juga menetralkan asupan kopi dengan air putih. Emang bukan peraturan tertulis – tapi minum air putih itu wajib loh, bro!

Menyeimbangkan kopi dengan air putih bisa lo lakukan dengan minum segelas air setiap lo minum kopi. Kalo kopi udah abis, jangan nyari kopi lagi – tapi seimbangkan dulu dengan air putih.

Sifat adiktif kopi emang bikin lo nggak bisa berhenti, makanya lo harus bisa menghidrasi diri lo sendiri dengan minum air putih disetiap waktu luang di antara minum kopi.

Waktu paling Tepat Minum Kopi

Manfaat Kopi

Credit image - Freepik

Setelah udah tau gimana cara kerja kopi dan gimana cara minum kopi dengan bijak, ada pentingnya bagi lo untuk mengetahui kapan sebenarnya waktu yang paling tepat untuk minum kopi.

Udah pasti bukan pas bangun tidur – kalo lo pengen minum kopi di pagi hari, lo bisa minum kopi mulai jam 10 pagi dan bisa meminumnya lagi di sore hari kalau perlu. Kalo nggak perlu, setelah jam 10 pagi itu lo bisa memenuhi kebutuhan air putih yang dibutuhkan.

Selain itu, kopi akan lebih berpengaruh kalo lo udah mulai terserang The Lazy Hour di kantor – yaitu sekitar jam 2 hingga jam 5 sore, maka – itulah waktu paling tepat buat lo minum kopi!

Setelah mengetahui hal ini, lo bisa jadi lebih bijak dalam minum kopi kan, bro? Yang penting, kebutuh air putih harus tetap terpenuhi ya!

 

Feature image – Lightfield Studios

Comments

Baru tahu kalo minum kopi bagusnya jam 9 an,,
Yes benar, kopi mantapp