Trending
Senin, 12 Juli 2021

Marketing lewat Konsumen dengan Customer Relationship Management: Lebih Efektif Nggak SIh?

  • Share

Saat ini perkembangan bisnis emang nggak bisa dibohongin kalo sosial media punya peranan yang cukup besar. Hal ini seringkali dilakukan oleh para pelaku bisnis agar lebih memperluas pasarnya. Selain itu, penggunaan sosial media juga akan mendekatkan lo dengan konsumen.

Relasi antara pelaku bisnis dengan konsumen perlu dijaga, karena bagaimanapun konsumen akan membantu bisnis lo untuk berkembang. Untuk itu – di dunia marketing dan bisnis ada yang disebut dengan Customer Relationship Management atau CRM.

Strategi ini menghubungkan antara pelanggan dengan pelaku bisnis agar hubungan yang terjalin menjadi lebih penting. Tapi apa sih sebenarnya fungsi Customer Relationship Management ini? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Pentingnya Customer Relationship Management

Customer Relationship Management

Credit image – Ezy.co.id

 

Seperti yang udah disebutkan di atas, Customer Relationship Management merupakan strategi manajemen hubungan antara pelanggan dengan perusahaan ataupun pelaku usaha. Mengelola hubungan baik dengan konsumen merupakan hal yang penting, karena akan membantu lo mengembangkan usaha yang lo miliki.

Mengelola bisnis dengan Customer Relationship Management dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan semua data konsumen yang lo miliki, kemudian lo mengambil data yang telah merekam aktivitas yang berhubungan dengan calon konsumen maupun yang udah jadi konsumen tetap.

Ketika membaca ini, selaku pelaku bisnis atau calon orang yang akan melakukan bisnis lo pasti bertanya-tanya – apakah Customer Relationship Management ini penting?

Jawabannya udah pasti penting, karena dalam penjualan secara langsung, interaksi antara tenaga penjual sebagai wakil perusahaan dan calon pelanggan harus dibangun dengan baik. Dari Customer Relationship Management ini nantinya akan dapat menciptakan citra atau brand image yang baik dari bisnis yang akan lo jalankan.

Noted: Bisnis Lo Bukan untuk Semua Orang

Dalam bisnis, ada hal yang harus lo sadari – bahwa udah jelas lo nggak bisa selalu menyenangkan dan membuat semua orang puas. Pasti akan ada orang-orang yang merasa kecewa, nggak puas, dan sebagainya dengan bisnis yang lagi lo jalanin.

Hal inilah yang akhirnya membuat Customer Relationship Management dibutuhkan. Karena lo bisa mendapatkan bantuan agar lebih dekat dengan konsumen. Bisnis perlu dekat dan mendengar kritik maupun saran dari konsumen. Karena dengan memberikan kritik dan saran, konsumen juga membantu lo sebagai pelaku usaha untuk memberi layanan konsumen dengan lebih baik.

Customer Relationship Management sebenarnya nggak semata-mata untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen, tapi juga untuk meningkatkan daya jual. Keberadaan Customer Relationship Management akan banyak membantu lo untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Manfaat Customer Relationship Management

Customer Relationship Management

Credit image – Stocksy

 

Peningkatan Customer Relationship Management bisa dilakukan dengan aplikasi, call center, atau sekedar melakukannya via direct message pada sosial media usaha yang lo jalankan. Untuk itu, Customer Relationship Management harus dikelola oleh tim yang baik.

Dengan memanfaatkan Customer Relationship Management, lo juga bisa meningkatkan kesetiaan konsumen. Dengan memahami konsumen secara konsisten, lo terlihat untuk memberikan perhatian lebih. Terlebih di momen-momen istimewa pelanggan – seperti ulang tahun.

Dengan kehadiran Customer Relationship Management, lo akan memberi banyak kemudahan terutama dalam mengatasi keluhan dari konsumen. Lo nggak perlu lagi mengeluarkan biaya administratif hingga biaya birokrasi yang mungkin aja harus lo keluarkan kalo masalah ini nggak teratasi.

Hal ini juga udah dilakukan oleh MLDSPOT tanpa lo sadari, bro. Dengan mengadakan MLDSPOT Member dan mengumpulkan MLDPOINTS, MLDSPOT berusaha memberikan yang terbaik untuk lo semua sebagai pelanggan setia MLDSPOT.

Buat lo yang kemarin berhasil dapatin Raffle, jangan lupa ikutan unboxing video competition-nya ya, bro!

 

Feature image – Harmony Accounting

Comments

perlu dan penting
bagus ni, efektif