Trending
Selasa, 02 April 2019

Marvin Sulistio, Dalami Dunia Broadcast Sambil Jadi Traveler Ulung

  • Share
  • fb-share
Marvin Sulistio, Dalami Dunia Broadcast Sambil Jadi Traveler Ulung

Bagi banyak orang, kesibukan pekerjaan seringkali menghalangi diri untuk mengeksplor dunia. Tapi, kesibukan sebagai seorang broadcaster justru membuat Marvin Sulistio tertarik menjelajah berbagai tempat-tempat baru yang tak terduga.

Bagi Urbaners yang penasaran dengan kisah Marvin Sulistio dalam menjalani peran sebagai seorang broadcaster sekaligus full time traveler, langsung aja yuk , ulik kisahnya!

Memacu Adrenalin di Dunia Broadcast

Sebelum lihai menjelajah berbagai tempat tak terduga, Marvin terlebih dulu melatih dirinya melalui pekerjaan sebagai reporter lapangan. Jam kerja yang berbeda dengan kebanyakan orang, serta perpindahan tempat yang bisa terjadi cukup cepat dalam waktu satu hari merupakan tantangan tersendiri yang memacu adrenalin bagi pria berusia 28 tahun ini.

 

“Bisa hari ini di Bursa Efek, siangnya terjun ke konflik. Kemudian jam kerja itu berbeda dengan banyak orang, sehingga kadang waktu bersama teman dan keluarga itu harus kita korbankan,” ungkapnya.

 

Namun, tantangan ini justru membuat Marvin semakin bersemangat untuk menunjukkan kualitas sebagai reporter dan news anchor yang handal bagi pemirsa. Nah , di tengah hiruk pikuk kesibukan sebagai broadcaster tersebut, Marvin menemukan angin segar yang membuatnya semakin menikmati peran ini, Urbaners, yaitu menjadi traveler!

Jadi Broadcaster Sambil Traveling

Pekerjaannya sebagai broadcaster inilah yang membawanya pada dunia traveling. Bahkan, berkat pekerjaannya sebagai broadcaster pula, Marvin memiliki keberanian untuk mengunjungi tempat-tempat tak terduga.

 

“Diri saya 9 tahun yang lalu adalah orang yang nggak berani mengeksplor luar kota sendiri, tapi dengan profesi ini saya memiliki kesempatan untuk diperkenalkan pada kota-kota besar di Indonesia. Salah satunya adalah menyusuri pedalaman Papua menggunakan pesawat propeller, menyeberang ke pulau Sebatik menggunakan helikopter, dan menjanjal kuliner ekstrem langsung dari daerah-daerah,” akunya.

Tak Ada Waktu yang Terlalu Sebentar Untuk Traveling

Di tengah padatnya akivitas sebagai broadcaster, Marvin memanfaatkan setiap waktu liburnya untuk traveling. Ia biasanya memanfaatkan libur dua hari untuk short getaway ke negara-negara Asia dan Asean dengan waktu tempuh kurang dari 2,5 jam. Sedangkan libur yang cukup panjang selama dua minggu biasanya ia manfaatkan untuk mengunjungi satu hingga tiga negara!

Bahkan libur satu hari pun tetap ia manfaatkan untuk mencari pengalaman baru dengan traveling. “Kalau libur satu hari, saya bisa jalan ke destinasi seperti Bandung menggunakan kereta, atau bahkan staycation di Jakarta,” terang news anchor Metro TV ini.

 

Marvin juga memanfaatkan hobi barunya ini untuk tetap produktif dan menjalani peran baru, yaitu travel blogger. Di sela-sela waktu liburannya, ia selalu menyempatkan untuk membuat liputan berupa vlog. Dengan profesinya sebagai broadcaster, Marvin juga jadi lebih mudah untuk mempublikasikan vlog-nya melalui tayangan di kantor.

Fitur Wajah Multiracial yang Memberi Pengalaman Seru

Salah satu pengalaman unik Marvin Sulistio dalam perjalanannya adalah selalu dianggap warga lokal saat berkunjung ke hampir semua negara Asean dan Asia. Meskipun memiliki kemiripan tertentu, setiap ras di negara-negara Asia memiliki ciri khas tersendiri yang biasanya terlihat dari wajah. Wajah Marvin yang multiracial membuatnya memiliki kemiripan dengan warga lokal di beberapa negara Asia, namun justru dianggap turis asing saat traveling di negeri sendiri. Hal ini ternyata memberikan pengalaman seru dan menguntungkan dalam perjalanannya, Urbaners!

 

“Saya ke Manila diajak bicara bahasa Tagalog, saya ke Singapore diajak berbicara bahasa slang singlish atau bahasa Hokkien, saya ke Thailand  dapat diskon khusus karena dikira orang lokal. Jangan ditanya saya ke Hong Kong.. mereka kaget lihat paspor saya Indonesia. Bahkan ke Ubud pun saya disapa keras, ‘Mabuhay!’,” ungkapnya.

Persiapan Untuk Menjadi Explorer

Pengalaman seru sebagai broadcaster sekaligus traveler seperti yang dijalani Marvin tentunya bukan tanpa risiko dan pengorbanan, Urbaners! Lo harus mengasah keberanian untuk bisa jadi broadcaster atau traveler seperti Marvin. Selain itu, komitmen dan kontrol diri juga penting untuk mengalahkan setiap tantangan.

 

Marvin juga punya pesan, nih, buat lo yang kepingin menjalani profesi dan hobi penuh tantangan seperti yang dia jalani.

 

“Kalau ditugaskan keluar negeri, selalu gunakan kesempatan itu untuk mengeksplorasi hal lain di sana. Jadi, kalau kita mau liburan kesana, kita bisa one step ahead in term of exploring. Keberanian mengeksplor bisa dilatih dari kenekatan. Mulailah dari pesan tiket and go explore that place. Bahkan meski cuma destinasi dekat seperti Kuala Lumpur atau Singapura. Dan keep in mind kalau setiap negara pasti memiliki tingkat keamanan yang bermacam-macam. Tidak usah kelewat cemas, pastikan perlengkapan kita lengkap dan berhati-hati dalam traveling. And we’re ready to explore!”

Comments
Putra Pratama
Inspiratif
Arif H
Mantap bro