Trending
Rabu, 02 Desember 2020

Ngobrol bareng Denny Chasmala: Si Hobi Bermusik Sejak Kecil

  • Share
  • fb-share
Ngobrol bareng Denny Chasmala: Si Hobi Bermusik Sejak Kecil

Di masa new normal ini banyak mengalami perubahan ya, bro - nggak hanya di ekonomi, tetapi industri musik pun terkena dampaknya. Ketiadaan panggung hiburan selama berbulan-bulan berpengaruh pada dunia musik tanah air. Salah satu musisi dan pencipta lagu, Denny Chasmala terkena imbas dari adanya adaptasi baru tersebut.

Dalam akun Instagram-nya, dia mengunggah sebuah foto yang menunjukkan bahwa ia telah menjual sejumlah aset yang ia miliki, mulai dari alat musik hingga sepeda motor. Namun, terlepas dari kabar tersebut, kita akan bahas lebih dalam sosok DenChas, bro.

Denny Chasmala atau yang biasa dikenal DenChas lahir di Surabaya, pada tanggal 20 Juli 1973. Seorang komposer dan arranger yang besar dan hidup di dunia musik. Pada masa SMA, ia bahkan pernah menjaga studio. Tetapi, siapa sangka, dari tempat itulah dia mengasah kemampuan gitarnya.

Setelah lulus SMA, DenChas terjun ke studio rekaman. Lalu, memiliki sebuah band yang mengisi pentas seni pada masanya. Sampai akhirnya membawa dia untuk bermain sebagai session player band-band yang ada di studio.

Sosok di Balik Lagu “Berharap Tak Berpisah” dan “Pilihlah Aku”

Denny Chasmala

Credit image - narasa.tv

Pernah denger lagu Pilihlah Aku dari Krisdayanti? Atau Berharap Tak Berpisah dari Reza Artamevia? Dua debut hits Indonesia tersebut merupakan ciptaan dari Denny Chasmala, lho.

Menariknya, Denny Chasmala nggak seperti pencipta musik pada umumnya, dirinya nggak pernah sekalipun menabung untuk menciptakan lagu. Ketika ada tawaran untuk membuat lagu, DenChas harus mengerti karakter dan sifat si penyanyi.

Dalam wawancara yang dilakukan oleh Soleh Solihun di channel YouTube-nya, saat menciptakan lagu “Pilihlah Aku” untuk Krisdayanti, DenChas hanya membutuhkan waktu 10 menit. Dari lagu tersebut, album Krisdayanti ini laku 450 ribu kopi di seluruh Indonesia.

Mengutip dari program Tamu Talent Ori, “Kalau sekarang, saya inspirasi musik dan lirik terpisah. Inspirasi datang dari mana saja. Saya sudah nggak ada inspirasi lagi, kapan saja bisa ngeluarin. Saya dari kecil sudah dilatih,” ucap DenChas.

“Yang sulit adalah menerjemahkan cerita lirik. Saya nggak sembarang bikin musik, disesuaikan dengan kemampuan penyanyi. Kadang, inspirasi dapat dari mimpi,” sambungnya.

Perjalanan Karir Denny Chasmala

Karirnya sebagai pencipta lagu semakin melejit. Ia yang awalnya hanya membuatkan lagu pun beralih ke arranger dan juga produser. Penyanyi serta band besar seperti Tere, D’Masiv, dan Jikustik pernah diproduserinya.

Sekarang DenChas fokus sebagai pencipta lagu, produser, dan juga mentoring. Setelah di-endorse oleh Yamaha, DenChas kini mengajar calon guru musik.

Dalam proses pembuatan sebuah lagu, dia harus banyak melakukan improvisasi dan mengerti harmoni dan untuk pembuatan liriknya ia akan menyesuaikan dengan karakter si penyanyi.

“Saya tergantung yang nyanyi siapa. Mood saya nggak ada aturan, bebas saja selama dinyanyikan dengan mudah sama penyanyi. Saya bisa memahami setiap orang membuat lirik yang puitis seperti Pusakata, saya mau belajar,” ujar DenChas

Lirik lagu yang dia ciptakan bermacam-macam, ada yang mengungkapkan sesuatu, menyampaikan pesan, hingga menyindir orang. Kini banyak orang yang mengantri untuk bekerja sama dengan DenChas ini bisa sampai 6 bulan! Dan antrian tersebut sudah ada sampai tahun depan. Benar-benar sang master class!

Mahir Menciptakan Lagu

Awal terjun ke dunia musik menjadi arranger semua artis penyanyi Indonesia dan juga produser album untuk Titi Dj, Krisdayanti, Ratu, Duo Maia & Tere. Tidak cukup itu, dia juga adalah konduktor orkestra Kebatinan Denny Chasmala.

Pada suatu kesempatan, pihak dari Multivision Plus ingin dibuatkan sebuah lagu dan bertemu dengan DenChas. Dengan percaya diri, ia mengatakan bisa membuat lagu. Keesokan harinya, Anjasmara datang untuk dibuatkan lagu soundtrack sinetron Si Cecep.

Sudah akrab dengan musik sejak masih kecil, membuat dia bisa mendapat inspirasi dari mana saja. DenChas pun 2 kali bolak-balik ke toilet, bukan karena sakit perut tapi untuk membuat lagu. Hasilnya? Anjasmara sangat puas dengan lagu ciptaan DenChas.

Tahun 2020, ia juga berhasil menciptakan lagu yang berjudul “Jadian” milik Bonn dan Thalia. Nggak butuh waktu lama untuk membuat single tersebut dan proses rekamannya pun terbilang singkat, hanya butuh tiga hari saja di studio milik Denny Chasmala.

Wahhh sangat menginspirasi ya, bro perjalanan karirnya. Gimana apa lo tertarik juga menjadi pencipta lagu?

Comments
Yeni Kurniasih
Hobby bermusik sejak kecil
Jaenal abidin
Info yang bagus