Trending
Rabu, 12 Juni 2019

Nomad Hostel Jakarta: Staycation Rasa Backpacker

  • Share
  • fb-share
Nomad Hostel Jakarta: Staycation Rasa Backpacker

Kegiatan backpacking pasti udah nggak asing lagi di telinga para traveler. Pemilihan akomodasi penginapan menjadi salah satu faktor penting saat backpacker-an. Di Jakarta, ada sebuah hostel unik dan terjangkau yang sedang hangat diperbincangkan, Nomad Hostel. Berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan, hostel ini nggak hanya cocok untuk para backpacker dari luar Jakarta, tapi juga cocok untuk para penikmat kegiatan staycation. Cek di sini yuk keunikannya, Urbaners!

 

Terinspirasi dari Bangunan Eropa

Nomad Hostel yang baru aja diresmikan pada Agustus 2018 ini ternyata terinspirasi dari hobi traveling Luthfi, sang owner. Saat mengunjungi negara-negara di Eropa, ia terkesan akan arsitektur modern yang dimiliki gedung-gedungnya. Hal ini yang menginspirasi Luthfi untuk membangun sebuah akomodasi penginapan saat ia kembali ke Jakarta. Didominasi warna abu-abu, Nomad Hostel memberikan kesan fresh dan fun dengan adanya sedikit sentuhan colorful pada bagian luar bangunan dan interiornya.

Pembangunan hostel sebagai akomodasi penginapan juga bukan tanpa alasan, lho. Kemang dipilih sebagai lokasi Nomad Hostel karena merupakan wilayah yang populer di kalangan turis domestik dan mancanegara. Banyak dari mereka yang memilih untuk backpacker-an dan menginap di hostel dibandingkan memesan kamar hotel. Selain lebih ramah di kantong, menginap di hostel juga cocok sebagai sarana untuk bersosialisasi bagi sesama backpacker dengan adanya konsep shared room dan open space.

 

Fasilitas a la Hotel

Fasilitas a la Hotel

Meskipun dikategorikan sebagai hostel, fasilitas yang ditawarkan Nomad Hostel nggak kalah menariknya dengan fasilitas hotel, Urbaners! Nomad Hostel memfasilitasi tamu dengan satu set ping-pong table, pool table, video games, serta kolam renang portable di halaman samping hostel.

Nomad Hostel juga mampu menampung cukup banyak tamu. Terdiri dari lima lantai, hostel ini menyediakan 13 kamar dengan kapasitas total sebanyak 162 kasur dalam bentuk box memanjang ala hotel kapsul. Saat ini, Nomad Hostel hanya menyediakan female only dan male only room yang dipatok mulai dari Rp129.800 untuk kamar berisi 20 beds hingga Rp206.000 untuk kamar berkapasitas 10 beds per malamnya. Di setiap kamar juga udah dilengkapi dengan Air Conditioner, WiFi, stop kontak, dan lampu tidur yang terdapat di setiap sudut kasur. Jadi, fasilitasnya udah lengkap banget buat numpang tidur, Urbaners!

 

Melayani Pengunjung dari Berbagai Negara

Melayani Pengunjung dari Berbagai Negara

Tamu Nomad Hostel berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa negara. Mayoritas tamu selama ini datang dari Pulau Jawa, hingga negara lain, seperti Jepang, Korea, dan Amerika Serikat. Untuk lo yang hobi networking, Nomad Hostel selalu ramai dikunjungi oleh para backpacker selama bulan Juni hingga Desember.

Meskipun begitu, nggak jarang tamu dari sekitaran Jakarta juga menginap di Nomad Hostel. Biasanya mereka mencari suasana baru untuk menghabiskan akhir pekan atau sekadar hangout di kawasan Kemang. Seperti Angga, salah satu tamu Nomad Hostel yang mengaku sedang hobi melakukan kegiatan staycation, “Gue lagi bosan suasana weekend yang gitu-gitu aja. Kebetulan hostel ini juga deket rumah. Seru sih apalagi kalau weekend rame, bisa main billiard dan PlayStation bareng orang-orang yang nginep lainnya. Mau cari makan atau minum-minum ke bar juga dekat,” ujar Angga.

Nggak cuma menginap, para tamu juga bisa mengadakan acara di sini, lho. Bagian lobby dan public space yang terletak di lantai 5 Nomad Hostel biasa digunakan untuk mengadakan meeting, gathering korporat, birthday party, hingga bazaar. Salah satu event yang akan rutin diselenggarakan oleh Nomad Hostel adalah New Year’s Eve Party yang diramaikan dengan acara barbeque dan live music. Berkesan banget!

 

Tren dan Tips Staycation yang Menyenangkan

Tren dan Tips Staycation yang Menyenangkan

Istilah staycation pertama kali digunakan pada awal tahun 2000-an. Staycation merupakan singkatan dari ‘stay’ dan ‘vacation’ yang merujuk pada aktivitas liburan yang dilakukan di negara atau kota sendiri. Saat ini, staycation umumnya didefinisikan sebagai kegiatan menginap di hotel di kota asal yang biasanya dilakukan pada akhir pekan.

Supaya staycation lo lebih fun dan memorable, ada beberapa hal yang harus lo perhatikan, Urbaners! Pertama, cari hotel yang sesuai dengan kebutuhan lo. Kalau lo ingin mencari keramaian, pilih akomodasi yang dekat dengan pusat kota dan cool spots di kota lo. Sebaliknya, kalau lo ingin suasana lebih tenang, lo bisa pilih akomodasi penginapan dengan suasana alam di pinggiran kota.

Kedua, lo bisa mencari promo menarik yang biasanya ditawarkan oleh beberapa hotel atau online travel agent. Promo-promo tersebut dapat berupa potongan harga atau free room upgrade. Sebelum memutuskan untuk memesan, lo juga disarankan untuk membandingkan room rate per malam antara satu online travel agent dengan online travel agent lainnya. Atau, seringkali pemesanan online langsung ke website hotel bisa lebih murah, Urbaners.

Ketiga, untuk memaksimalkan experience saat melakukan staycation, lo disarankan untuk memanfaatkan semua fasilitas yang disediakan. Staycation bukan berarti berdiam diri di kamar dan nggak melakukan apa-apa! Lo bisa mencoba makanan yang disediakan restoran tempat lo menginap, berolahraga di gym, atau sekadar berenang di hotel pool.

Staycation nggak harus mahal, Urbaners! Untuk lebih lengkapnya lo bisa langsung cek website Nomad Hostel atau datang langsung ke Jalan Kemang Barat Nomor 8. Yuk, cobain staycation di kota lo!

 

Comments
PUJI RAHAYU kopkar
Keren banget
Epul Saepuloh
Gokil mihh