Trending
Jumat, 18 Juni 2021

Para Penikmat Seni, Coba Datangi 5 Museum di Jakarta Ini!

  • Share

Nggak terasa sekarang udah weekend lagi nih, bro. Apakah udah ada rencana mau ngapain buat weekend nanti?

Kalo mulai bosen dengan keseharian yang itu-itu aja dan pengen nyari tempat biar bisa refresh otak, ada baiknya lo mengunjungi museum di Jakarta nih. Eits, bukan sembarang museum – di artikel kali ini, MLDSPOT bakalan ngasih tau lo 5 galeri seni di Jakarta.

Langsung aja, simak ulasan selengkapnya di sini, bro!

#1 – Galeri Seni Hadiprana

Museum di Jakarta

Credit image - Detik HOT

Tempat pertama yang bisa lo datangi adalah Galeri Seni Hadiprana yang terletak di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Salah satu galeri seni tertua yang ada di Indonesia ini dimiliki oleh seniman Hendra Hadiprana. Museum di Jakarta yang satu ini udah buka sejak tahun 1961 loh, bro!

Galeri seni ini memajang banyak karya seni berkualitas tinggi. Nggak cuma karya dari sang pemiliki, galeri ini juga menampilkan banyak karya seni milik para seniman muda Indonesia yang baru mulai merintis karirnya.

Yang membuat galeri ini menarik juga – buat lo yang emang pecinta seni dan tertarik pada bidang seni, lo bisa ikut kelas seni yang di buka di sini. Bahkan, karya seni yang lo buat juga bisa di bawa pulang, bro!

Asik banget kan? Nggak cuma menikmati seni, lo juga bisa membuat karya seni!

#2 – Nadi Gallery

Museum di Jakarta kedua yang bisa lo datangi ini punya vibes yang cukup berbeda dari Galeri Hadiprana. Karena galeri yang ruangannya bernuansa serba putih ini cenderung menampilkan segi estetika minimalis dari sebuah seni.

Dengan warna putih yang dominan, galeri seni ini menghadirkan kesan minimalis dan modern juga modern. Galeri seni yang didirikan oleh kolektor benda seni rupa – yaitu Biantoro Santoso ini telah ada sejak tahun 2000.

Meskipun dimiliki oleh seorang kolektor, galeri seni nggak hanya menampilkan koleksi benda koleksi aja – tapi jugua terdapat beberapa karya seni dari seniman Indonesia yang bisa lo nikmati. Di antaranya adalah karya milik Agus Suwage, Handiwirman Saputra, dan Jumaldi Alfi.

#3 – CAN’s Gallery

Museum di Jakarta

Credit image – Coconut’s Directory

Untuk museum di Jakarta yang satu ini bisa dikatakan hidden gem. Karena letak posisinya yang tersembunyi di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Galeri seni dengan nama CAN'S Gallery ini memajang banyak lukisan karya dari seniman Indonesia yang namanya udah dikenal oleh kelas seni dunia, seperti Entang Wiharso, Nyoman Masriadi, Srihadi Soedarsono, Sunaryo, Heri Dono, FX Harsono, Suraji, Sally Smart, Putu Sutawijaya, dan Eddie Hara.

Meskipun di dominasi oleh karya seniman legendaris, tapi di galeri seni ini lo juga bisa menikmati karya dari seniman muda berbakat, seperti milik Oky Rey Montha, J.Ariadhitya Pramuhendra, Wisnu Auri, dan Octora.

#4 – Art: 1 New Museum

Museum di Jakarta yang satu ini merupakan salah satu galeri yang yang punya nilai historis yang tinggi. Terletak di kawasan Kemayoran – yang juga merupakan wilayah historis, galeri seni ini memajang sekitar 2000 karya seni dari seniman legendaris dan juga para seniman muda.

Nggak cuma menikmati karya seni, galeri seni ini juga bisa lo datangi untuk mengikuti kelas seni. Kalo pengen belajar jadi seniman, lo bisa mengikuti kelas di sini, bro!

#5 – Ruci Art Space

Museum di Jakarta

Credit image – Cobo Social

Ada yang menarik dari museum di Jakarta yang satu ini. Karena pada awal kehadirannya – bahkan sampai sekarang, banyak yang mengira kalo tempat ini merupakan kafe dan venue konser musik.

Padahal, tempat ini adalah sebuah galeri seni yang mengusung tema kontemporer. Di tempat ini lo nggak cuma menikmati lukisan, ada banyak jenis seni lain yang dipajang yang bisa lo nikmati – mulai dari foto sampai patung.

Di tempat ini terdapat kafe yang menyajikan menu menarik dan up-to-date. Kalo tertarik dengan karya seninya, lo juga bisa mengunjungi butik di galeri seni ini untuk membawa pulang kesenian khas yang ada di sini.

Itu dia 5 deretan musem di Jakarta yang bisa lo datangi untuk weekend ini. Dengan menkmati karya seni, lo juga bisa refreshing, bro!

 

Feature image – Visit NSW

Comments

menarik buat dikungjungi nih
galeri seni nggak hanya menampilkan koleksi benda koleksi