Trending
Rabu, 21 April 2021

Pergeseran Makna Film Noir dan Karya dari Sutradara #LocalGreatness: Lo Harus Nonton Ini, Bro!

  • Share
  • fb-share
Pergeseran Makna Film Noir dan Karya dari Sutradara #LocalGreatness: Lo Harus Nonton Ini, Bro!

Kalo mau memilih film buat ditonton, sebagian besar dari lo pasti memilih untuk menonton film dengan genre yang sesuai dengan kesukaan lo. Meskipun udah punya preferensi genre sendiri, tapi nggak ada salahnya buat mencari tau atau nonton genre film lain diluar comfort zone lo kan, bro?

Di artikel kali ini, MLDSPOT bakal ngasih tau lo tentang genre film Noir – udah pernah denger belum nih, bro?

Genre film yang udah ada sejak 1940 ini emang udah nggak banyak diproduksi, tapi sepertinya juga nggak akan salah buat lo mengenal genre film yang legendaris ini. Biar lo bisa mengenal lebih jauh tentang film noir, pastikan lo membaca artikel ini sampai habis ya, bro!

Genre yang Sering Disalahpahami

Noir

Credit image – Culture Trip

Noir merupakan film dengan warna monokrom – alias hitam-putih yang berlatarkan kisah detektif ataupun kriminal di dalamnya. Dari sekian banyaknya sub-genre film yang ada – Noir jadi genre yang paling sering disalahpahami. Menurut para movieholic, menganggap Noir sebagai sebuah genre itu sama aja mendefinisikan tema crime-thriller.

Tapi faktanya, untuk memutuskan sebuah film disebut sebagai genre Noir,perlu beberapa kategori yang harus dipenuhi. Tapi secara umum, Noir merupakan sebuah genre film yang bercerita tentang detektif ataupun orang biasa yang sedang menyelidiki kasus kriminal dan selalu ada perempuan yang terlibat di dalamnya.

Kata Noir sendiri diambil dari bahasa Prancis yang artinya Hitam. Hal ini dicetuskan oleh seorang kritikus Prancis yang menganggap drama kriminal Amerika pada tahun 1940 terkesan jadi film yang depresif sehingga menjadi gelap secara visual.

Lahirnya Genre Neo-Noir

Seiring berjalannya waktu, genre ini mengalami perkembangan menjadi sub-genre dengan nama Neo-Noir. Secara garis besar Neo-Noir sama aja seperti genre Noir pada umumnya – hanya proses produksi dan filmnya aja yang lebih modern.

Modernisasi dari genre Noir lahir di tahun 1970an – di mana film Noir memiliki pendekatan teknologi untuk sebuah film dengan genre Noir, maka dari itu mereka menyebutnya sebagai Neo-Noir. Oleh karena itu, monokromatik udah bukan jadi hal yang mutlak lagi dari Noir.

Biar lo lebih paham sama Noir, sebuah film dikategorikan sebagai Noir kalo punya elemen investigator anti-heroik, Femme Fatale, dan kasus kriminal. Untuk pemerannya sendiri harus memiliki pembawaan yang sinis dan pesimistik, berada pada lokasi urban.

Sedangkan untuk sinematografi nya sendiri visual dari Noir – secara umum, harus monokromatik, memiliki dialog-dialog yang cepat, plot film yang kompleks, mengandung rokok dan alkohol, serta cerita hukum yang pasti ditegakkan.

Rekomendasi Film Noir #LocalGreatness

Setelah mengetahui tentang genre Noir dari barat, ternyata film Indonesia juga punya film Noir yang nggak kalah bagusnya dari barat. Produksi film Noir di Indonesia kebanyakan mengambil kehidupan metropolitan Jakarta dan mengungkap sisi gelapnya.

Kalo lo penasaran, film-film di bawah ini bisa lo coba tonton, bro, check this out!

  • Jakarta Undercover

Noir

Credit image - WIkipedia

Diangkat dari novel karya Moammar Emka, Jakarta Undercover jadi film di tahun 2007 sebelum versi 2017. Jakarta Undercover mengisahkan cerita realita bahwa kehidupan tanah Jakarta masih kelam – berbeda dengan yang terlihat.

Bercerita mengenai seorang Jurnalis, Pras – diperankan oleh Oka Antara, yang ingin meningkatkan karirnya dan menjadi jurnalis handal. Konflik antara karir Pras dan orang-orang hidupnya dimulai. Kisah pengkhianatan sangat mewarnai film ini.

  • Jakarta vs Everybody

Noir

Credit image – Media Indonesia

Disutradarai oleh Robby Ertanto Soediskam – film dengan judul Jakarta vs Everybody ini menceritakan kisah Dom – diperankan oleh Jefri Nichol, yang pergi ke Jakarta untuk meraih mimpinya menjadi aktor.

Nggak semudah yang dipikirnya – Dom harus melalui berbagai rintangan yang membuatnya menyingkirkan mimpinya sejenak. Dalam perjalanan menuju mimpinya, Dom berkenalan dengan Pinkan (Wulan Guritno) dan Radit (Ganindra Bimo) dua pengedar narkoba yang membuka mata akan realita keras Jakarta. 

  • Kala (2007)

Noir

Credit image – Wikipedia

Sebagai salah satu karya Joko Anwar yang begitu ambisius yang memunculkan istilah Indonesian Noir. Produksi yang ber-setting di sebuah negara yang tak disebutkan namanya ini punya cerita yang cukup menarik.

Seorang wartawan yang mengidap penyakit narkolepsi. Penyakit yang diderita oleh wartawan ini selalu membuatnya tertidur di saat yang tidak tepat itu mengancam karir dan perkawinannya. Film yang cerita yang cenderung dark ini emang pantas dikategorikan sebagai genre Noir.

Sekarang lo udah tau kan, film Noir seperti apa dan film Noir dengan #LocalGreatness ini bisa lo tonton buat menemani weekend lo, enjoy, bro!

 

Feature image – Indie Wire

Comments
Ardi Widisetiawan
Nggak sabar mau nonton
Ruri
Keren betul