Trending
Selasa, 10 Desember 2019

Pesatnya Perkembangan Industri e-Sports di Indonesia

  • Share

Flashback ke 10 tahun lalu, orang-orang pasti bakal mengernyit kalau lo bilang ingin menekuni dunia e-Sports. Namun, sekarang olahraga elektronik di dunia gaming ini sudah berkembang pesat. Bahkan pada tahun 2019 saja, nilai pasar game global berhasil mencapai angka 152 miliar USD. Jumlah ini meningkat 9,6% dari tahun sebelumnya.

Perkembangan e-Sports juga dialami oleh Indonesia. Walaupun sebetulnya sudah ada sejak tahun 1990-an, baru beberapa tahun terakhir ini popularitas e-Sports di Indonesia meningkat pesat. Bahkan tidak sedikit tim e-Sports yang berhasil membawa pulang piala dari berbagai turnamen internasional.

 

Indonesia sebagai Salah Satu Pasar Video Game Terbesar di Asia Pasifik

Salah satu sesi turnamen e-Sports saat Asian Games 2018 lalu.

Di dunia, Asia Pasifik menjadi wilayah dengan pertumbuhan pasar game paling tinggi. Indonesia merupakan salah satu pasar video game terbesar di Asia Pasifik, dengan angka mencapai 941 juta USD. Hal ini menunjukkan peminat e-Sports yang cukup besar.

Menurut statistik, ada sekitar 50 sampai 60 juta pemain game di Indonesia per tahun 2019 ini. Banyaknya peminat e-Sports bahkan sampai mendorong Asian Games untuk memasukkan e-Sports sebagai cabang olahrga yang dilombakan.

 

Terbentuknya Komunitas Pencinta e-Sports

Lebih dari sekadar hobi, sekarang e-Sports sudah bertransformasi menjadi sebuah industri profesional. Kabar baiknya, saat ini sudah terbentuk Federasi Esports Indonesia (FEI) yang menaungi ekosistem e-Sports. Nggak hanya pemain, publisher game dan tim caster juga bisa tergabung dalam federasi ini. Kehadiran FEI diharapkan bisa membantu menyejahterakan para pelaku atau enthusiasts di dunia e-Sports.

 

Ragam Jenis e-Sports yang Sering Dilombakan di Indonesia

Sebuah turnamen e-Sports PUBG, berlangsung di dalam ruangan.

Di Indonesia, ada sejumlah jenis e-Sports yang sering dilombakan. Sebut saja Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) seperti Dota 2, Real-time Strategy seperti Warcraft III, dan Fight-person Shooters (FPS) seperti Counter Strike. Ada juga PlayerUnknown’s Battleground (PUBG) yang baru-baru ini menorehkan prestasi.

Tim e-Sports asal Indonesia, Bigetron Red Aliens, baru saja menjadi juara dunia di ajang PMCO Fall Split Global Finals 2019 untuk turnamen PUBG Mobile. Turnamen ini diadakan di Putra Trade World Centre, Kuala Lumpur, Malaysia selama tanggal 29 November – 1 Desember 2019.

 

Ikut bangga rasanya dengan perkembangan e-Sports yang cukup pesat di Indonesia, apalagi kalau ada tim yang berhasil menang turnamen di skala internasional. Semoga e-Sports Indonesia bisa semakin berprestasi!

 

 

Sources: id.techinasia.com, merdeka.com, liputan6.com

Comments

Indonesia mantap
Mantap artikelnya