Trendings
Rabu, 10 Juni 2020

Poin Penting New Normal dan Gaya Hidup Lo Kini

  • Share

Pemerintah belakangan ini sedang giat menggaungkan praktik new normal sebagai upaya menghadapi pandemi COVID-19. New normal berarti lo boleh kembali beraktivitas di luar seperti biasa, namun sambil menerapkan sederetan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rajin menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan, dan melakukan physical distancing.

Dalam menjalankan new normal, beberapa hal bisa jadi berubah dan butuh penyesuaian. Hal ini mungkin membuat lo sedikit kesulitan menjalaninya. Namun, lo tetap harus segera beradaptasi dengan hal tersebut untuk tetap bisa melanjutkan hidup.

 

Sadar Kebersihan

Seseorang sedang mencuci tangannya di bawah air mengalir

Hal pertama yang menjadi perubahan mendasar pada gaya hidup lo adalah soal kebersihan dan kepekaan lo untuk menjaga kesehatan. Mungkin selama ini lo sudah cukup menjaga kebersihan, namun pandemi COVID-19 mengharuskan lo menerapkan pola hidup bersih dengan intensitas yang semakin sering.

Lo harus selalu menyediakan masker dan hand sanitizer jika harus beraktivitas di luar rumah. Usahakan untuk meminimalisir kontak fisik yang nggak perlu, serta langsung bersihkan pakaian dan benda yang lo pakai saat berada di luar rumah. Seperti smartphone, kacamata, dompet, kunci kendaraan, dan barang lainnya.

 

Gaya Hidup Minimalis

Seorang pria bekerja dari rumah

Salah satu dampak terbesar dari pandemi ini dirasakan oleh sektor ekonomi. Banyak pekerja maupun pengusaha harus kehilangan pekerjaan atau bisnisnya, terpaksa dirumahkan, atau mengalami penyesuaian gaji. Oleh sebab itu, situasi ini seharusnya membuat kita lebih bijak dalam mengatur kondisi keuangan.

Lo bisa mulai mempertimbangkan untuk mempraktikkan gaya hidup minimalis mulai dari sekarang. Eliminasi hal-hal yang nggak begitu lo butuhkan dalam waktu dekat atau beberapa waktu ke depan dari daftar belanja lo. Jika memang harus membeli barang baru, fokus pada hal-hal yang lebih vital dan bersifat survival.

 

Kerja Efektif

Seorang pria mengenakan masker sedang berbelanja di sebuah supermarket

Jika memang memungkinkan, pertimbangkanlah untuk tetap work from home atau bekerja dari rumah. Namun jika lo termasuk yang harus ke kantor di new normal ini, pastikan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada. Lakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien, usahakan untuk tidak lembur dan pulang tepat waktu setiap harinya demi mengurangi lama beraktivitas di luar rumah.

Dengan adanya penerapan pembatasan pada new normal ini, lo juga secara nggak langsung bakal dituntut untuk berpikir kreatif dan solutif. Nggak perlu ragu untuk berinovasi, sekarang justru saat yang paling tepat. Buktikan kalau new normal nggak akan mengurangi kualitas kerja yang selama ini sudah lo kasih.

 

Jadi Tech Savvy

Seorang pria terlihat sedang bekerja dengan laptopnya

New normal ini bakal membuat keseharian lo mengandalkan teknologi, baik itu perkara pekerjaan atau untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Lo akan mulai untuk mempertimbangkan layanan pesan antar atau belanja online ketimbang harus mendatangi toko offline. Gunakan juga sistem pembayaran non-tunai untuk setiap transaksi agar tidak terlalu banyak melakukan kontak fisik.

Dalam melakukan pekerjaan, lo harus siap beradaptasi dengan berbagai teknologi yang dapat membantu lo bekerja, apalagi kalau pekerjaan lo masih dilakukan secara remote. Work from home memang lebih praktis karena lo nggak harus pergi ke kantor, tapi lo tetap harus menguasai beberapa aplikasi untuk mempermudah sistem kerja jarak jauh ini. Lo bisa menggunakan aplikasi seperti Slack atau Google Hangout untuk berkomunikasi, Zoom atau Google Meet untuk meeting, dan Google Calendar atau Clockify untuk manajemen waktu.

Itu dia beberapa poin penting dari new normal yang bakal membawa banyak pengaruh bahkan perubahan pada gaya hidup lo. Beberapa di antaranya akan butuh waktu yang lama buat lo menyesuaikan diri dengan ritmenya. Sementara hal-hal lain nggak sepenuhnya berubah. Adapt and grow!

 

 

Sources: CNBC Indonesia, Fimela, Republika

Comments

Informasi yang menarik
sip mantul........