Trending
Jumat, 09 Juni 2017

"Stan" Eminem Masuk Kamus Oxford

  • Share

Mendengar nama Eminem, Urbaners tentu langsung teringat dengan musik rap. Yup, Eminem adalah rapper kulit putih terlaris saat ini. Pria dengan nama asli Marshall Bruce Mathers III ini ibarat dewa bagi penggemar musik rap.

Liriknya yang jujur dan kelakuannya yang ajaib sering menuai kontroversi. Namun 13 Grammy Award yang diraihnya cukup buat menggambarkan kesuksesan pelantun lagu Rap God ini.

Salah satu lagu karya terbaik Eminem adalah Stan. Lagu ini merupakan bagian dari album Marshall Mathers LP yang dirilis pada tahun 2000. Namun tak banyak orang yang tahu di balik lagu Stan tersebut.

Lagu ini digarap Eminem untuk menceritakan seorang fans fanatik bernama Stan yang menulis surat untuk idolanya dengan begitu intensnya dan akhirnya terlalu terobsesi dengan sang idola. Setelahnya, kata 'stan' mulai banyak dipakai.

Stan biasanya sebutan untuk fans berat artis. Istilah ini juga sekarang akrab di dunia K-Pop yang menunjukkan di manakah keberadaan lo dalam sebuah fandom. Misalnya, 'stan BIGBANG', 'stan EXO', dan lain-lain.

Setelah 17 tahun berlalu, akhirnya Oxford English Dictionary (OED) secara resmi memasukkan kata itu ke dalam kamus. Alasan dimasukkannya Stan menjadi kata baru dalam kamus karena menjadi populer dengan asosiasi yang lebih positif.

Dalam kamusnya, OED menyebutkan stan sebagai kata benda berarti penggemar yang terlalu bersemangat atau obsesif terhadap selebriti tertentu. Sedangkan stan sebagai kata sifat dideskripsikan obsesi terhadap selebritas.

Bahkan OED juga menyebutkan bahwa lagu Eminem merupakan asal usul kata tersebut. Pada kolom asal kata tertera, "pada awal abad 21: kemungkinan sebuah kiasan pada lagu 'Stan' karya Eminem pada tahun 2000, tentang penggemar fanatik."

Hebatnya lagi, Eminem merupakan musisi yang merangkai kata paling banyak dibanding musisi lainnya. Berdasarkan penelitian Musixmatch, pemilik nama panggung Slim Shady ini sudah menggunakan 8,818 dari 100 lagu miliknya.

Kemampuan Eminem disusul oleh Jay Z yang mampu merangkai kata hingga 6.899 kata dan West yang mampu merangkai kata hingga 5.069 kata. Musisi senior, Bob Dylan ada di urutan ke-5 dengan memiliki 4,883 kosakata berbeda dari 100 lagunya.

Betapa pun nyentrik seorang Eminem, betapa banyak celaan yang ia tuai, gelap masa lalunya, dan penuh kontroversi, tapi ia sarat inovasi. Dimaki, dibenci tapi tetap dicari dan dicintai. Jadi, apakah lo termasuk seorang 'stan'?

 

 

Source: Vibzn.com, bbc.com

Baca juga:

Eminem Bakal Bikin Album Tahun Ini!

Comments

No one has commented yet. Be the first to comment on this article!