Trending
Jumat, 22 April 2016

Rekor Gedung Tertinggi di Dunia akan Terlewati

  • Share
  • fb-share
Rekor Gedung Tertinggi di Dunia akan Terlewati

Apa  nama gedung tertinggi di dunia saat ini? Jawabannya adalah Burj Khalifa, Urbaners. Gedung pencakar langit satu ini letaknya ada di Dubai. Tingginya mencapai hingga 828 meter. Buat membangun Burj Khalifa, dibutuhkan biaya hingga lebih dari 12 triliun rupiah. Burj Khalifa sering dipakai buat syuting film-film keren loh Urbaners, misalnya Fast & Furious 7 dan Mission Impossible.

Tapi, masa kejayaannya Burj Khalifa sebagai gedung pencakar langit tertinggi sepertinya bakal berakhir, nih. Soalnya, Dubai sekarang sedang membuat gedung pencakar langit tandingannya Burj Khalifa, yang disebut bakal jadi pemegang rekor sebagai gedung tertinggi di dunia pada tahun 2020 nanti.

 

Bisa Jadi Tempat Liburan Baru

Gedung pencakar langit baru yang juga dikembangin oleh Emaar Properties seperti Burj Khalifa ini masih belum punya nama yang pasti. Katanya sih, akan dikasih nama sementara yaitu menara Dubai Creek Harbour. Menurut Mohamed Alabbar, kepalanya Emaar Properties, gedung ini pokoknya lebih tinggi dari Burj Khalifa, meski belum ada kabar yang jelas juga berapa tingginya sebenarnya. Rencananya bakal selesai sebelum Dubai World Expo 2020, agar gedung ini bisa menerima lebih dari 20 juta pengunjung.

Ini bisa banget jadi destinasi liburan lo berikutnya Urbaners, kalau-kalau dalam lima tahun mendatang lo ada rencana buat cabut ke Dubai. Gedung pencakar langit ini bukan cuma menjual kehebatan tingginya saja, tapi juga arsitekturnya yang keren. Arsiteknya adalah Santiago Caltrava Valls, yang terkenal dengan desain struktur futuristiknya. Selain itu, katanya Dubai Creek Harbour ini akan banyak didekorasi dengan pepohonan dan nuansa kehijauan. Buat lo yang nggak punya phobia sama ketinggian, coba deh nanti nempel-nempel sama kaca balkon yang menghadap langsung ke luar gedung.

 

Bisa Selesai Nggak, Ya?

Pembangunannya gedung pencakar langit ini katanya sih bakal dimulai pada akhir bulan Juni. Artinya, mereka cuma punya waktu kurang dari 4 tahun untuk membangun Dubai Creek Harbour. Kira-kira bisa kelar nggak ya tuh, Urbaners?

Negaranya orang kaya memang iseng-isengnya mewah banget ya, Urbaners. Padahal nih, Burj Khalifa saja jarang ditinggali orang loh, Urbaners. Gimana gedung satu ini, ya? Yang penting sih semoga gedung satu ini tetap aman ya, Urbaners. Secara, dana pembangunannya sampai 13 triliun lebih, Urbaners.

 

 

 

Sumber: www.euronews.com, www.telegraph.co.uk

Comments
Kurnia Irawan
Luar biasa banget
AGUS NAWING
Gokil abis bro