Trending
Jumat, 07 Januari 2022

Setelah Jadi Juara F1, Honda Resmi Pamit!

  • Share
  • fb-share
Setelah Jadi Juara F1, Honda Resmi Pamit!

 

Setelah menghantarkan Max Verstappen dan Red Bull Racing sebagai juara dunia 1 di F1 tahun 2021, akhirnya Honda resmi mundur di ajang motor sport paling bergengsi itu. Pencapaian tersebut sangat lah nggak mudah apalagi melihat tim kompetitor punya power yang setara. Honda benar-benar pernah mengalami masa sulit untuk meraih gelar juara dunia, bisa dibilang telah puasa hampir tiga dekade lamanya. Satu-satunya pabrikan asal Jepang yang bisa memecahkan rekor tersebut hanya lah Honda hingga mencapai kesuksesannya seperti sekarang.

 

Fokus untuk pengembangan mesin ramah lingkungan menjadi alasan utama Honda mundur dari F1. Semua sudah dipertimbangkan dengan matang untuk berupaya membantu pengurangan polusi karbon di dunia. “Sekarang kami akan menyalurkan kekuatan kami untuk berinovasi dengan hal yang baru yaitu menciptakan unit tenaga dan energi bebas karbon serta mewujudkan pengimbangan karbon,” ungkap pernyataan resmi Takahiro Hachigo sebagai Representative Director and CEO of Honda Motor Co., Ltd. Honda akan mengupayakan agar semuanya terealisasikan pada tahun 2050.

 

Tantangan yang berat untuk terjun di dunia baru ini layaknya Honda kembali berkompetisi di F1, dan ini juga menjadi sebuah tantangan besar bagi yang dihadapi Honda bersama masyarakat. Teknologi kendaraan sel bahan bakar (FCV) dan baterai EV (BEV) menjadi inti dari pengembangan produk Honda yang mempunyai teknologi bebas karbon. Inisiatif cepat Honda mewujudkan berapa persentase targetnya yaitu salah satunya adalah merilis mobil listrik di tahun 2030.

 

Segala penelitian dan bagaimana cara mengelola untuk bisa menjalankan bisnis baru di bidang unit daya ini memang harus sejalan bersamaan dengan proses yang lama dan sangat detail. Langkah tersebut sudah dimulai sebelumnya pada April 2020 menampilkan penelitian yang dinamakan Innovative Research Excellence, Power Unit & Energy.

 

Di ajang F1, rekam jejak Honda nggak lepas dari sejarah melewati arus deras manis pahitnya perjalanan. Era kejayaan McLaren dan Williams pada tahun 1983 sampai 1992 menjadi kiprah yang bagus untuk mengawali Honda melebarkan sayapnya di F1. Honda juga sempat pamit di tahun 1992 karena efek krisis ekonomi di Jepang pada saat itu, dan tahun 2008 masih dengan kasus yang sama namun lebih besar melanda segala negara di penjuru dunia. Kemudian di tahun 2015, Honda menjadi pemasok mesin untuk beberapa tim F1. Kinerja mesin Honda bekerja secara maksimal sampai menunjukkan performa yang kompetitif.


Gelar kemenangan ini menjadi salam perpisahan yang manis dari Honda. Di sisi lain, Honda adalah satu-satunya mesin pemasok dari Asia yang berhasil membungkam tim Mercedes yang dikenal memakai mesin turbo hybrid yang canggih. Nah, kalo nanti mobil listrik dari Honda sudah rilis, lo pengen model yang kayak gimana? Share jawaban lo di kolom komentar, bro.

Comments
Andini Septiani
fokusnya beralih
Indra Desanri
sangat disayangkan