Trending
Jumat, 26 Februari 2016

Siap-siap, Setengah Indonesia Bakal Gelap di 9 Maret Pagi

  • Share

Apa yang sudah lo rencanain buat bulan Maret nanti, Urbaners? Mungkin ada konser atau pesta yang mau lo datangi? Apa pun pilihan lo, semoga nggak kelupaan ikut menyaksikan satu peristiwa langka di Indonesia. Di minggu kedua Maret, bakal ada gerhana matahari total, Urbaners!

 

Menutup Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi

Urbaners yang tinggal di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi beruntung banget karena bisa lihat gerhana matahari total dengan jelas. Tanggal 8 Maret pukul 23:20 waktu GMT, matahari bakal mulai menuju satu garis dengan bulan dan bumi. Di waktu Indonesia bagian Barat, berarti sama dengan pukul 6:20, tanggal 9 Maret 2016. Matahari akan tertutup total sekitar pukul 9 pagi. Gerhana matahari total akan berlangsung selama 4 menit 9 detik. Nanti, Urbaners di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi jangan kaget kalau tiba-tiba langit menjadi gelap, ya!

Buat Urbaners yang tinggal di Jakarta, lo tetap bisa lihat gerhana matahari meski pun nggak total. Lo siap-siap saja lihatin langit pukul 7:21. Nanti, bulan menutup sebagian besar mataharinya. Lebih seru lagi kalau lo mulai cari-cari trip yang memang bertujuan dan ngasih fasilitas untuk nonton gerhana matahari total. Nggak apa-apa usaha sedikit, soalnya lo baru bisa lihat gerhana matahari total lagi dari Indonesia tahun 2023

 

Bukan yang Pertama Kalinya

Gerhana matahari adalah satu fenomena ketika matahari, bulan, dan bumi ada dalam satu garis. Biar pun lebih kecil, bayangan bulan bisa menutup sebagian atau seluruh sinar matahari. Kesempatan ini lebih langka dibanding kalau lo nunggu bintang jatuh lho, Urbaners.

Sebelumnya, gerhana matahari total juga pernah melintas di Indonesia. Kalau dijumlah, dari 115 tahun terakhir ini, Indonesia sudah delapan kali dapat kesempatan ketemu gerhana matahari total yang lagi melintas. Yaitu pada tahun 1901, 1926, 1929, 1934, 1962, 1983, 1988, dan 1995. Maret nanti akan jadi kesembilan kalinya Indonesia mengalami gerhana matahari total. Oiya Urbaners, dari sembilan kali itu, Pulau Jawa baru kebagian sekali, yaitu pas tahun 1983. Sementara, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi jadi langganan lewatnya gerhana matahari total.

Belum terlambat kok kalau mau mengubah rencana dan banting setir jadi cabut ke Sumatra, Kalimantan, atau Sulawesi. Lagian, meski cuma sebentar, nonton gerhana matahari total sama orang yang disayang adalah kencan romantis gitu nggak, sih? Pokoknya, jangan sampai ketinggalan ya, Urbaners!

 

 

Sumber: www.detik.com, www.timeanddate.com

Comments

mantappp bosss
Nice info. . .