Trending
Selasa, 12 November 2019

Soekarno-Hatta Masuk Nominasi Bandara Terbaik di Dunia

  • Share
  • fb-share
Soekarno-Hatta Masuk Nominasi Bandara Terbaik di Dunia

Indonesia kembali masuk dalam nominasi bandara terbaik di dunia versi Skytrax dalam ajang The World Airport Awards 2020. Bandara tersebut adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Ajang ini juga menjadi tolak ukur prestasi sebuah bandara di dunia dalam mencapai predikat airport excellence.

Dari tahun ke tahun, peringkat Bandara Internasional Soekarno Hatta mengalami peningkatan. Tahun 2016 lalu, Soekarno Hatta berada di posisi ke-63. Selang setahun kemudian, pada 2017 posisinya berada di peringkat ke-44. Sedangkan tahun 2018 lalu, peringkat Soekarno Hatta sempat turun di posisi ke-45. Beruntungnya di tahun 2019 ini ia kembali naik ke posisi 40. Bagaimana dengan tahun berikutnya?

 

Metode Survei Berdasarkan Poling

Ajang penghargaan bandara terbaik di dunia tersebut merupakan ajang paling bergengsi. Ibaratnya nih Urbaners, ajang The World Airports Awards 2020 ini adalah ajang Piala Oscar dalam dunia film. Bisa lo bayangkan betapa bergengsinya acara tersebut bukan?

Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan survei melalui layanan online. Nantinya para traveler bisa mengisinya di laman www.worldairportsurvey.com. Survei yang dilakukan pun secara transparan dan tidak menerima pembayaran dari organisasi manapun atau bandara yang masuk nominasi.

 

Dibutuhkan Dukungan Masyarakat

Dukungan dari masyarakat memang dibutuhkan dalam menjadikan Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara terbaik di dunia. Hal tersebut dikemukakan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Dalam pernyataannya, Menteri Perhubungan mengajak pengguna bandara memilih bandara yang dibangun pada era 1980-an ini sebagai yang terbaik.

Hal senada juga dilontarkan oleh Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin. Dirinya meminta dukungan masyarakat, terutama kepada traveller Indonesia. Tak sampai di situ saja, pihak Angkasa pura juga berbenah dengan melakukan perbaikan di beberapa fasilitas yang ada.

 

Banyak Dibandingkan dengan Bandara Changi

Tampak suasana luar Bandara Changi, Singapura

Dalam beberapa kali survei yang dilakukan oleh Skytrax, Bandara Changi Singapura memang selalu konsisten menempati urutan pertama bandara terbaik. Maka nggak heran kalau banyak netizen di Indonesia membandingkan Bandara Soekarno-Hatta dengan bandara terbesar di Singapura ini.

Para netizen menyoroti keberadaan fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta yang masih perlu ada perbaikan. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat yang menggunakan layanan bandara. Di Bandara Changi, ada bioskop dan ruang publik berupa taman kupu-kupu. Sementara Bandara Terminal 3 Soekarno-Hatta hanya menyediakan trek jalan kaki terpanjang. Hal-hal seperti inilah yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah untuk membuat bandara kebanggan masyarakat Indonesia ini mendapatkan predikat terbaik bandara di dunia.

Jadi, bagaimana pendapat lo Urbaners?

 

 

Source: Good News from Indonesia, Kompas.com

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
Ojik rojikin
Mantappppppppp