Trending
Jumat, 08 Mei 2015

Sushi Survival Guide

  • Share

Belakangan ini, sushi mulai naik daun di Indonesia. Nggak cuma dijual di restoran mahal, sushi juga dijual di stand-stand makanan pinggir jalan. Everybody can eat sushi, but not everybody can eat sushi in proper way. Etika makan sushi menjadi penting kalau lo makan sushi di restoran berkelas, apalagi kalau yang menjadi chef-nya adalah orang Jepang asli. Berikut dos and don’ts dalam makan sushi:

 

1. Jangan makan sushi dengan jahe

Umumnya, sushi disajikan dengan jahe dan wasabi. Tapi, bukan berarti lo harus makan sushi dengan jahenya sekaligus. Meletakkan jahe di atas sushi kemudian memakannya adalah kesalahan yang cukup umum. Jahe seharusnya dimakan sendiri, nggak dicampur dengan sushi karena di sini jahe berfungsi sebagai palate cleanser, bukan sebagai bumbu sushi.

 

2. Jangan buat ramuan wasabi-soy sauce

Wasabi dan soy sauce don’t go along together. Lupakan kepraktisan sejenak. Kalau lo mau memakan sushi dengan wasabi dan soy sauce, cukup letakkan secuil wasabi di atas sushi baru celupkan sushi ke soy sauce. Ramuan wasabi-soy sauce akan merusak rasa soy sauce, merusak rasa wasabi, dan jelas nggak enak dilihat. Serpihan hijau wasabi berenang di soy sauce? Yuck.

 

3. Jangan celupkan nasi sushi ke soy sauce

Kalau lo memesan nigiri sushi, lo sebaiknya mencelupkan bagian dagingnya ke soy sauce, bukan bagian nasinya. Kenapa? Nasi sushi sudah dicampur dengan cuka sehingga ada rasanya. Mencelupkan bagian nasi ke soy sauce merupakan tindakan yang dianggap nggak menghormati chef karena menambahkan campuran aneh-aneh ke nasi yang sudah susah-susah dibuat.

 

4. Makan dalam Sekali Hap

Chef sushi sudah mengatur ukuran sushi agar bisa dimakan dalam satu suapan. Jangan memakan sushi dalam dua atau tiga suap. Selain berantakan dan terkesan jorok, tindakan itu juga dianggap nggak sopan. Jangan takut kelihatan rakus karena pada kenyataannya, makan sushi dalam satu suap adalah tindakan yang dianjurkan dalam sushi survival guide.

 

5. Makan nigiri sushi dengan tangan

Meski sushi umumnya dimakan dengan sumpit, khusus sushi tipe nigiri bisa dimakan dengan tangan. It’s all okay. Selain itu, dengan memakan nigiri dengan tangan, lo bisa dengan mudah mencelupkan bagian dagingnya ke soy sauce, tanpa takut dagingnya jatuh ke kubangan soy sauce.

Source : nytimes.com, foodbeast.com, thrilist.com, galoremag.com

 

 

Comments

No one has commented yet. Be the first to comment on this article!