Trending
Rabu, 20 September 2017

Teddy Adhitya, Gairah Baru Musik Soul Indonesia

  • Share

Apakah Urbaners tahu atau pernah mendengar lagu "In Your Wonderland" dan "Let Me" Ya, dua lagu tersebut dinyanyikan oleh Teddy Adhitya ini memang mencuri perhatian banyak orang. Lagu ber-genre soul tersebut sontak mendapat respon positif dari penikmat musik Tanah Air. Nomor tersebut memamerkan vokal Teddy yang sedikit mengingatkan pada Stevie Wonder atau malah Jamie Aditya.

Teddy sebenarnya bukanlah nama baru di dunia musik Indonesia. Ia pernah bergabung berbagai grup hingga akhirnya memilih 'sendiri'. Pertemuannya dengan musisi muda Anugerah Swastadi membantunya dalam meluncurkan karier solo.

"Keinginan membuat album sudah ada sejak lama, tapi gue nggak terlalu mengerti produksi musik. Akhirnya ketemu Uga (panggilan Anugerah), ngobrol dan langsung nyambung. Dia bisa menerjemahkan kemauan gue," ujar Teddy.

Soal cita-cita sulung dari tiga bersaudara ini, dulu ia bermimpi memiliki album pada umur 25 tahun, dan akhirnya mimpinya pun terwujud. Teddy berhasil menelurkan album "Nothing is Real".

Teddy menyebut kalau album garapannya ini tak ubahnya sebuah buku cerita. Orang akan lebih mudah mengerti cerita di balik sebuah buku apabila telah membaca keseluruhan isinya. Begitu pula ia melihat albumnya.

Baginya, nada yang ia mainkan adalah musik yang jujur dan ia ingin orang-orang mengerti apa yang dirasakan. Teddy  selalu menganggap proses menulis lagu sebagai proses ia berbicara kepada dirinya sendiri.

"Album ini berangkat dari pengalaman pribadi gue sendiri saat menjalin cinta sama seseorang. Kenapa judulnya 'Nothing is Real', karena pada fase gue yang saat ini, gue melihat, nggak ada yang nyata dalam cinta itu," tandas pria berambut keriting satu ini.

"Setiap gue bikin lagu jadinya begini. Arah musik gue selalu kalau nggak soul ya R&B. Dari 2008 sampai 2016, gue sudah memainkan musik yang sebenarnya bukan gue. Kali ini gue berani," tutur Teddy.

Teddy sendiri merasa dipilih RnB karena dianugerahi karakter suara yang membuatnya cocok membawakan nada-nada RnB dan soul. Selain suaranya, ia sudah akrab dengan jenis musik tersebut sejak kecil dari orang tuanya.

"Ya memang dari keluarga gue, gue tumbuh besar dengan musik-musik itu, sampai yang gue bikin hasilnya seperti itu," kata pria kelahiran Jakarta ini.

Musisi beraliran soul, RnB, dan jazz, seperti Marvin Gaye, Arethe Franklin, Bill Withers, Prince, hingga Michael Jackson telah menginspirasi Teddy. Musisi-musisi itu juga membawa pengaruh yang besar dalam perjalanan musikal Teddy Adhitya.

 

Source: Rollingstone.co.id

Comments

Teddy Adhitya
mantappp bosss