Trending
Senin, 25 Januari 2021

Tips Anti Typo: Ini Cara Biar Lo Nggak Salah Ketik

  • Share

Pasti nggak jarang di antara lo yang sering banget salah ngetik kalau menulis sesuatu. Baik itu di sosial media, ngetik kerjaan, dan yang paling fatal – salah ketik chat ke klien. Pasti kalo itu terjadi lo langsung panik kan, bro?

Kebiasaan salah ketik atau yang disebut typo ini rasanya sekarang memang jadi permasalahan setiap orang. Gimana nggak, kehidupan lo sekarang kalau nggak kerja, nonton, main sosial media, bahkan buat ngobrol sama temen pun sekarang harus lewat chat – nggak heran kalau memang typo ini menjadi permasalahan yang memang dirasakan oleh semua orang.

Biar lo nggak typo terus, di artikel ini lo akan menemukan cara yang tepat biar segala sesuatu yang lo tulis nggak salah lagi dan jadi mudah buat dimengerti oleh si penerimanya. Kalo mau tau gimana caranya, pastikan lo membaca artikel ini sampai selesai ya!

Typo bukan Berarti Bodoh

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, typo memang kesalahan kata atau ketikan yang dilakukan dalam menulis. Tapi sebetulnya, typo sendiri terbagi menjadi dua jenis – yaitu yang disengaja dan tidak disengaja.

Mungkin lo bertanya-tanya, emang ada ya orang yang beneran sengaja nulis typo? Ternyata, typo bukan cuma salah ketik dalam sebuah kata, tapi typo juga dikategorikan sebagai penulisan yang salah pengejaannya. Bahkan, typo salah eja ini bisa lebih fatal daripada typo penulisan.

Seringkali orang-orang menggabungkan kalau typo merupakan orang yang nggak teliti karena menulis secara asal. Tapi faktanya – menurut Tom Stafford, psikolog dari Universitas Sheffield di Inggris, mengatakan bahwa typo terjadi karena sang penulis berkonsentrasi mencapaikan makna dari tulisannya, sehingga fokusnya terpecah dan nggak memerhatikan apakah tulisannya salah atau benar.

Mengatasi Typo 1: Lebih Teliti

Lo sering Typo? Simak artikel ini buat tips anti-typo!

Credit image - Freepik

Memang kalau menulis pasti lo lebih memperhatikan pesan yang lo kirimkan tanpa melihat kembali penulisan yang lo ketik benar atau salah. Kebiasaan ini sebenarnya memang bukan kebiasaan yang baik, seharusnya lo juga memerhatikan apakah penulisan dalam pesan yang lo kirimkan sudah benar atau belum.

Meskipun bukan karena kurang teliti, tapi apa salahnya lo menjadi lebih teliti sebelum mengirim pesan atau menulis?

Mudahnya gini, sebelum menuliskan pesan, lebih baik lo merangkai tulisan yang akan lo ketik terlebih dahulu di dalam otak. Lalu pahami juga, seringnya lo typo dalam tulisan atau kalimat apa – misalkan karena bahasa pake bahasa serapan jadinya susah mengerti, atau nggak menggunakan bahasa yang sehari-hari.

Kalau sudah mengerti, untuk selanjutnya lo jadi bisa lebih berhati-hati untuk menuliskan kata atau kalimat. Pastikan kembali lawan bicara lo mengerti apa yang mau coba lo ungkapkan, ya!

Anti Typo Dengan Auto-Correct dan Auto-Spell

Lo sering Typo? Simak artikel ini buat tips anti-typo!

Credit image – The Balances Carrier

Kemudahan yang diciptakan sama Teknologi memang sangat luar biasa, kalau di atas lo diajak untuk mencoba lebih teliti dengan cara berpikir dan melihat secara satu-persatu, dengan cara ini lo akan lebih teliti dengan bantuan dari Teknologi.

Di smartphone lo pasti ada fitur auto-correct dan auto-spell, fitur ini akan sangat memudahkan untuk mengoreksi kalimat atau ejaan yang ditulis. Dengan mengaktifkan fitur ini, secara nggak langsung lo menjadi orang yang lebih teliti tanpa harus mengecek secara satu-persatu, mudah banget kan, bro?

Selain itu, untuk menulis dokumen alangkah baiknya lo menggunakan google docs. Dokumen yang diciptakan oleh google ini memiliki fitur auto-correct dan auto-spell secara otomatis, sehingga dipastikan lo nggak akan salah ketik lagi – karena langsung dibenerin, bro!

Memang susah untuk menghindari salah ketik ini, tapi demi kenyamanan lo dan lawan bicara – serta dokumen penting yang lo buat, cara-cara di atas bisa dimanfaatkan dengan baik. Semoga di 2021 ini, typo lo bisa lebih berkurang ya, bro!

 

Feature image - Storyblocks

Comments

noted, thank you
Mantap men