Trending
Selasa, 29 September 2015

Toyota i-Road, Cara Baru Berkendara

  • Share

Toyota memang paling bisa kalau soal membuat kendaraan bermotor. Dari kualitas mesin yang tahan lama, sampai design – design yang unik. Akhir – akhir ini Toyota mengenalkan inovasi terbarunya yaitu Toyota i-Road, kendaraan yang merupakan perpaduan antara mobil dan motor yang sangat cocok digunakan di area urban.

Kendaraan roda tiga ini memiliki fitur turning steering mechanism yang luar biasa sehingga pengguna bisa merasa seperti rider Moto GP professional, dan juga dapat merasa sangat aman. Designer Toyota Koji Fujita mengatakan bahwa i-Road menggunakan Gyroscope dan inertial sensors, yang berdasarkan data kecepatan dan steering angle, dapat menentukan seberapa jauh pengemudi mencondongakan badannya untuk berbelok.

Steeringnya dilakukan oleh satu roda belakang, bukan dua roda depan. Dengan kecepatan rendah, Toyota i-road ini sangat terasa gesit, seperti trolli belanjaan, roda belakangnya juga sangat responsive terhadap steering input dari pengguna. Kemudian juga i-Road mempunyai fitur yang dapat memberitahu pengguna jika cara mengemudinya berbahaya, misal ia akan menyesuaikan ketajaman belokan saat kecepatan penuh, dan steering wheel akan bergetar untuk memberitahu pengguna bahwa dirinya sedang berada pada kecepatan penuh.

Kecepatan maksimal pada mobil ini sudah menandakan bahwa Toyota i-Road bukanlah mobil yang dapat dibawa untuk trip yang jauh, tapi hanya cocok untuk dipakai dengan jarak dekat. Dengan top speed nya yang hanya 60kph sudah menandakan mobil ini sebagai kelas Neighborhood electric vehicle (NEV). Mobil ini juga menggunakan batere lithium yang membutuhkan charge kurang lebih 3 jam hingga penuh.

Sementara ini Toyota belum mempunyai rencana untuk menjual i-road, dan mobil – mobil yang dicoba adalah bentuk prototype. Sementara itu saat ini Toyota mengadakan test drive di Jepang, US dan Perancis, dan konsumer banyak yang memberikannya review positif. Kelanjutannya, semoga saja Toyota memutuskan untuk menjual mobil ini di kemudian hari.

Source : www.toyota-global.com, wikimedia.org

 

 

Comments

Cara Baru Berkendara
Waw mantabzz bingit