Trending
Sabtu, 12 Juni 2021

Visual Magis dari Concept Artis: Ini Bukan Pekerjaan Oportunis!

  • Share

Kalo suka terkesima dengan postingan yang ada di sosial media atau video promosi yang lo lihat ketika menonton Youtube, apakah lo tau kalo ternyata postingan dan video itu bukan cuma hasil dari seorang videographer, director, dan semua hal yang berkaitan dengan video di dalamnya?

Dalam membuat sebuah konten, pastinya ada blue print untuk membuat konsep yang ada. Semua konsep ini dilakukan oleh seorang concept artist. Pastinya untuk menjadi seorang concept artist nggak cuma modal kreatif dan artistik.

Kemampuan apalagi sih biar bisa bikin konten yang menarik nan engaging? Pastikan lo membacanya sampai habis, karena artikel inspiratif ini bisa bikin lo dapet job baru yang menyenangkan, bro!

Apa sih Concept Artist?

Concept Artist

Credit image – Unsplash

Sebelum mengetahui lebih dalam tentang concept artist, ada baiknya lo memahami dulu deskripsi yang sebenarnya dari seorang concept art. Seorang concept artist menciptakan konsep dalam bentuk karakter, animasi, dan aset kreatif lainnya – selayaknya untuk properti film.

Tapi lambat laun, seorang concept artist saat ini juga diperlukan untuk memvisualisasikan latar belakang sebuah iklan atau campaign yang akan dijalankan. Konsep yang telah dirancang akan digunakan pada output yang akan di tuju – seperti model, visual, director, dan para anggota tim lainnya untuk masuk ke dalam proses produksi.

Dibutuhkan untuk Semua Visual, Bro!

Secara garis besar, seorang concept artist akan diperlukan oleh seluruh hal dalam membuat sebuah proyek apa pun yang melibatkan. Jadi buat lo yang emang bergerak di bidang media visual, seperti animasi, buku, komik, dan perfilman – pekerjaan ini pas banget buat lo, bro!

Tapi dalam perkembangannya, seorang concept artist-pun sekarang nggak cuma membuat konsep dalam visual aja – lo bisa bekerja secara eksklusif sebagai concept artist dengan peran yang lebih luas. seperti sebagai tim pra-produksi atau character design.

‘Core’ dari Para Tim Produksi

Conceptor Artist

Credit image –  Silver Bullet TV

Untuk jadi seorang concept artist, lo pastinya harus punya pemikiran yang udah nggak out of the box lagi – tapi berandailah bahwa udah nggak ada lagi box di mana pikiran lo bisa terbatas, karena seorang concept artist merupakan penggagas ide yang disampaikan oleh tim.

Concept artist harus mengetahui cara membuat desain yang cocok dan sekiranya menjual – jika dilakukan untuk promosi. Pastinya, lo harus memikirkan bahwa ide yang akan lo gunakan akan berbeda dari ide yang udah ada sebelumnya.

Hal ini perlu ditekankan agar strategi promosi dari yang dibuat nggak sia-sia. Kreativitas dari concept artist harus merancang dari berbagai gaya karakter, latar belakang, atau hal-hal lain yang diperlukan untuk produksi.

Jadi Konseptor yang Baik – Gimana Sih?

Concept Artist

Credit image – Dreams Time

Untuk menjadi seorang concept artist, lo harus menafsirkan brief secara benar dan mengembangkannya dengan se-kreatif mungkin. Hal ini dilakukan demi mendapat umpan yang baik dan menghindari revisi ganda yang nggak diharapkan.

Setelah menerima brief, pastikan lo membuat konsep dan ide yang ingin diciptakan dengan baik. Hal ini pastinya juga dipertimbangkan oleh brand image yang dimiliki oleh klien. Lo juga harus menentukan bentuk konsep yang akan dikembangkan – 2D, 3D, ataupun bentuk lainnya.

Selain itu, lo bisa meneliti kompetitor atau konsep-konsep lain yang ada. Setelah merancangnya dengan baik, lo bisa memberikannya pada tim lo sebelum di presentasikan pada klien. Emang bukan hal yang mudah, tapi kalo punya tim yang baik – pastinya pekerjaan ini akan menjadi lebih menyenangkan, bro!

Sekarang lo udah tau kan gimana cara jadi konseptor yang baik, kira-kira campaign kece apa yang pengen lo bikin nih, bro?

Feature image – Video Hive

Comments

Menarik sekali
Informatif sekaliii..